Kisah mahasiswa Indonesia Kuliah di 4 Negara

  • Sabtu, 3 Februari 2018 19:00 WIB

Minat Kuliah di Jerman?

HAI-ONLINE.COM – Tiap negara punya sistem pendidikannya sendiri-sendiri. Asalkan nggak gampang goyah, semua pasti bisa teratasi. Di Indonesia pun beda kampus bisa beda cara lulusnya.

Di jenjang sarjana, misalnya, ada yang mesti bikin skripsi, ada juga yang cuma kudu bikin makalah. Begitu juga dengan kampus-kampus di luar negeri. Sebelum hengkang, yuk kita simak cerita dari para pelajar di berbagai negara tentang tantangan yang mereka hadapi saat belajar di kampus barunya dan cara mengatasinya.

LUCU NIH: Ini 5 Sponsor Teraneh di Jersey Klub Sepak Bola Sepanjang Masa

1.PRANCIS: DOSENNYA NGEBUT!

undefined
Kudu Ngebut Belajar!
Di tingkat sarjana kampus Perancis ada dua jalur yang bisa kita kejar, pertama, licence, yang berorientasi pada lanjutan ke tingkat master, dan Licence professionnelle yang berorientasi pada kerja profesional. Nggak jauh beda sama India, Fira juga ngerasain kegelisahan yang sama. Omongan dosennya nggak gampang ketangkep.

“ Awalnya agak shock, Karena profesornya ngomongnya cepet banget! Sampe nggak ngerti maksud profesornya apa, Alhamdulillah pelan-pelan udah mulai terbiasa,” kata mahasiswi Supdemod Fashion Design and Business School ini.

Yang perlu diantisipasi di Perancis justru adalah cuacanya. Bikin mager! Apalagi kalau winter, kata Fira. “Kalau dapet masuk kelas yang pukul 8 di luar masih gelap, dan dingin banget.”

 

UDAH TAU BELUM? Ini Dia 7 Film Superhero Anti-Mainstream dan Sadis yang Seru Ditonton

 

Reporter : Reporter Hai
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×