Follow Us

3 Hal Ini Bisa Menyelamatkan Sneakers-mu di Musim Hujan!

Fadli Adzani - Rabu, 22 November 2017 | 04:30
Nike LunarCharge
Fadli Adzani

Nike LunarCharge

Beberapa hari belakangan, kayaknya orang-orang udah bukan mengeluhkan soal matahari yang terus-terusan bikin hati, eh, kepala panas deh. Sebaliknya, kita justru udah lebih sering mengeluhkan musim hujan yang mulai perlahan-lahan datang. Setelah siang hari yang mendung cabut dari peredaran, hujan biasanya langsung terjun dan bikin kita yang nggak siap jadi lepek alias basah kuyup di jalan. Nggak asik ya kalo pake sneakers di musim hujan!

Soal kepala sampai badan, kadang kita masih bisa selamatkan lewat pakai payung atau jas hujan. Namun gimana nasib sepatu yang lagi kita pakai? Bayangin aja, sepatu yang lo sayang-sayang selam musim kemarau kemarin, kini harus rela berkubang dengan air hujan serta genangan becek. Males banget, kan?

Untuk itu, demi ngejaga sepatu lo semua aman dari serangan kebasahan air hujan, ini ada beberapa tips yang mungkin bisa diikutin! HAI kulik tips ini langsung dari Tirta Mandira Hudni yang merupakan owner Shoes and Care. Tips dari pengusaha jasa merawat sepatu ini udah pasti paten, bro!

Sedia Benda-benda ini Sebelum Hujan

Menurut Tirta, ada dua hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga sepatu dari kerusakan saat musim hujan. Yang pertama, tentunya adalah pencegahan. Yang kedua, baru perbaikan.

Soal pencegahan, Tirta menyebutkan ada tiga hal yang bisa kita lakukan sebelum sepatu kita keburu kena basah. “Yang pertama dan paling simple, bawa aja sandal jepit kemana-mana pas lagi musim hujan. Kalau punya budget lebih, kita bisa pakai jas sepatu. Kan lagi booming juga tuh pakai jas sepatu. Jadi sepatunya terlindungi, nggak ribet juga dipakainya,” ujar cowok berkacamata ini.

Tirta menambahkan, kalau kita punya budget yang lebih lagi, kita bisa beli yang namanya water repellent. Fungsinya untuk melapisi bagian sepatu kita agar nggak basah saat terkena air. Jadi sistemnya, kayak pelapis anti air. Sekalinya disemprot sama senjata ini, sepatu kita bisa tahan air selama seminggu. Boleh banget dicoba kalau ada duitnya. Sikat, lah!

Segera cuci kalo kena hujan!

Kalau tiga hal yang ada di tahap pencegahan itu terlanjur luput dilakukan alias udah terlanjur beraktivitas, ada beberapa hal juga nih yang bisa lo lakukan buat nggak bikin sepatu lo makin rusak akibat kena basah.

“Kalau udah terlanjur, ya sepatunya tetap harus dicuci. Air hujan itu kan sekarang ada kandungan asam ya, oleh karena itu, sepatu bisa jadi nggak enak baunya, jadi harus dicuci,” ungkap cowok yang juga merupakan seorang dokter ini.

Doi ngelanjutin, sepatu yang udah terlanjur basah itu bisa cukup direndam di air bersih dan nggak perlu menggunakan detergen. Setelah sepatu selesai direndam, kita bisa mengeringkannya dengan menggunakan panas dari cahaya lampu, kipas angin, hair dryer, atau pakai kertas.

Yang penting, jangan mengandalkan sinar matahari karena panas dari matahari bisa bikin gosong dan sepatu kita juga jadi keras.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest