Follow Us

3 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Berkendara di Musim Hujan

- Senin, 09 Oktober 2017 | 10:54
Periksa kondisi rem
Hai Online

Periksa kondisi rem

Musim hujan udah datang. Ada baiknya kita mempersiapkan semuanya dengan baik. Nggak cuma kondisi fisik aja, kendaraan kita juga harus dalam kondisi yang prima.

Apalagi buat kita para pengendara motor. Harus super siaga biar kita bisa tetap survive di saat kayak gini.

Nah, HAI ngobrol sama Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consultant (JDCC), untuk ngasih tau apa aja yang harus kita lakukan setelah berkendara di musim hujan. Apa aja?

Cuci Motor!

Cuci Motor
“Sehabis menerjang hujan, motor bakal kotor. Nah, sebisa mungkin, kita harus membersihkannya. Soalnya, air hujan punya asam yang tinggi. Efeknya, itu akan menimbulkan korosi atau karat. Jadi, cuci motor sehabis menerjang hujan, biar umur part jadi lebih lama,” kata Jusri.

Beri Pelumas Bagian Yang Bergerak

Beri Pelumas Bagian Yang Bergerak
“Bagian-bagian yang bergerak seperti rantai, harus kita kasih pelumas. Kasih kayak gemuk gitu, deh. Biar nggak seret dan umurnya juga awet,” tambah Jusri.

Periksa Kondisi Rem

Periksa Kondisi Rem
Biasanya, sehabis kita menerobos genakan air yang cukup tinggi, rem nggak terlalu berfungsi dengan baik. Makanya, ada baiknya kita harus memeriksa kondisi rem sebelum kembali dibawa riding. Jalan perlahan-lahan, sambil memainkan tuas rem.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular