Follow Us

Begini 4 Tips Gampang Bikin Foto Portrait Bagus!

- Minggu, 29 Oktober 2017 | 07:30
Potret Tawan dengan tangan robot eksoskeleton karyanya yang dikerjakan selama 6 minggu setelah tangan kirinya lumpuh tanpa sebab yang pasti.
Hai Online

Potret Tawan dengan tangan robot eksoskeleton karyanya yang dikerjakan selama 6 minggu setelah tangan kirinya lumpuh tanpa sebab yang pasti.

HAI-ONLINE.COM – Salah satu masalah yang kerap ditemui oleh fotografer pemula adalah susahnya foto ekspresi orang. Yap, susahnya, selain bikin foto yang bagus secara komposisi, foto-foto portrait juga harus bisa menampilkan ekspresi yang tegas dari objek yang kita foto.

Meski begitu, bukan berarti hal itu jadi penghambat buat kamu menekuni hobi fotografi. Soalnya, HAI punya 4 tips gampang bikin foto portrait bagus dari Christianto Harsadi. Gimana caranya? Langsung simak aja.

Rajin Motret

Kata pepatah, practice makes perfect. So, sering-seringlah latihan bikin foto portrait wajah orang-orang yang lagi kamu temui kapan pun, di mana pun. Misalnya, kalo lagi nonton konser atau ikutan acara kampus, sering-sering deh abadikan ekspresi wajah orang yang sekiranya menggambarkan suasana hati mereka. Bisa sedih, atau bisa juga gembira.

“Biasanya kalau diminta foto, mereka suka memasang sebagai DP atau profile picture di media sosial. Artinya, mereka menyukai foto kamu,” sebut Christianto Harsadi yang biasa dipanggil mas Anto ini.

Jadi Peka

Jadi peka itu nggak cuma bermanfaat buat baca pikiran pacar dan nyenengin hati doi doang, kok. Dalam fotografi, dibutuhkan juga yang namanya kepekaan. Kalo kata Anto, kita perlu untuk mengenal dan merasakan situasi yang ada di sekitar kita. “Harus jeli dan cepat memotret momen yang nggak terlewatkan, jadi kamu akan mendapatkan foto portrait bagus karena kejadian itu selalu sering nggak terduga seperti kejutan, ekspresi lucu, dan sebagainya,” lanjut pria yang merupakan penderita tuna rungu sejak lahir ini.

Kenali Kamera

Hal yang konon kata Anto lebih penting, adalah kita kudu kenalan banget sama kamera yang kita punya. Pasalnya, kenalan sama kamera itu sama kayak kenalan sama orang lain. Kita bisa tau kekurangannya apa, dan bisa mengandalkan kelebihan yang dimiliki dari kamera tersebut. Ide yang bisa dieksplor juga makin banyak dan kita bisa bikin foto bagus!

Kenali Modelnya

Karena foto portrait lebih akrab sama manusia sebagai objek foto, maka bakal lebih asik kalo kita mengenal objek potret kita dengan baik. Ini juga, toh, bakal membantu kita dalam menghasilkan foto yang bagus, lho.

“Contohnya, model nggak pandai membuat ekspresi wajah, nah kamu ceritain aja momen apa saja yang paling indah yang pernah dialami kepada model. Model akan tersenyum secara alami atau tertawa sendiri. Jadi, itu nggak akan terkesan dipaksakan,” ujar cowok berusia 25 tahun ini lagi.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular