Follow Us

Penting, Nih! Ini Dia 5 Cara Atasi Wifi yang Lemot

Fadli Adzani - Kamis, 19 Oktober 2017 | 05:45
Wifi
Fadli Adzani

Wifi

Buat anak muda kayak kita, internet bisa jadi kebutuhan yang penting. Makanya kalau koneksi internet nirkabel (Wi-Fi) lemot bakal ganggu banget.

Kalau wifi rumah lo mendadak lemot, jangan panik. Coba periksa router-nya, guys. Karena settingan atau posisi router berpengaruh sama koneksi yang dihasilkan.

Cek Juga: Di Liga U-14, Inilah Strategi Agar Pergantian Pemain Cadangan Bisa Maksimal

Berikut ini adalah 5 langkah ampuh buat mengatasi koneksi wifi yang lambat dilansir dari Kompas.com:

1. Periksa posisi router

Kedengarannya sih sepele padahal pengaruhnya besar. Karena router ini memancarkan sinyal ke segala arah, sebaiknya taruh router di bagian tengah ruangan. Jangan taruh router di dekat jendela, itu sama aja kayak buang-buang sinyal. Karena bakal ngarah ke luar sinyalnya.

2. Jangan diletakkan di lantai

Sebaiknya taruh router di tempat yang tinggi seperti lemari atau meja. Posisi yang lebih tinggi bakal bikin router ngasih sinyal ke bawah. Lantai kan terdiri semen dan keramik yang mana susah ditembus sinyal Wi-Fi.

3. Pilih tempat terbuka

Sebaiknya taruh router di tempat yang bebas himpitan apapun, guys. Jangan taruh router di antara mebel yang ukuran besar, dinding, apalagi di dalam lemari. Pokoknya pastikan router terlihat secara fisik dari sisi mana pun.

4. Ubah channel

Biar mempercepat koneksi wifi, coba periksa channel router lo. Coba periksa di bagian bawah router atau di buku panduannya. Setelah masuk menu pengaturan, biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11.

5. Beli router baru

Kalau misalnya udah dipastikan gangguan bukan dari provider layanan internet dan emang routernya bermasalah, jalan satu-satunya ya beli router baru. Atau bisa dikonsultasikan juga router tersebut ke layanan internet langganan lo.

(Agung Mustika)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular