Follow Us

3 Tips Menjadi Shredder Dari Gitaris Tercepat di Indonesia

Rizki Ramadan - Rabu, 03 Januari 2018 | 01:45
Julius Andrie
Rizki Ramadan

Julius Andrie

HAI-online.com - Siapa di sini yang suka ngeband? Siapa yang gitaris? Pasti tau dong istilah gitaris shredder? Yap, tipe gitaris yang dikenal dengan permainan super cepat ini sering banget diimpikan oleh banyak gitaris, khususnya seumuran kalian yang lagi getol ngulik soal gitar. Buat unjuk gigi di atas panggung atau buat pamer ke cewek yang lagi kalian gebet, oke banget kan?

Tapi, buat jadi seorang gitaris shredder itu nggak mudah, nggak sulit juga. Asal kalian emang niat, semuanya pasti bisa kok. Seperti apa yang diungkapkan Julius Andrie, seorang gitaris shredder asli Surabaya yang mempunyai speed bermain gitar hingga 400 bpm (beat perminute)!.

“Saya aja baru belajar main gitar pertama kali umur 11 tahun. Tapi, saya niat biar bisa main secepat mereka dan bahkan lebih, saya usaha terus dan nggak berhenti sampai sekarang,” ujar cowok yang biasa disapa Andrie ini.

Penasaran apasih kiat-kiat untuk jadi seorang gitaris shredder? Nih, berikut mas Andrie membeberkan caranya buat kalian!

LATIHAN 2-3 JAM SEHARI

Sejatinya, kalau mau jago ya harus latihan. Tapi, nggak harus seharian penuh kok, 2-3 jam sehari dan dilakukan setiap hari. “Dulu yang saya lakukan sih kayak gitu, 2 sampai 3 jam sehari. Mainin lead-nya pun nggak usah yang cepet, yang biasa aja, kan nanti bisa dinaikkan temponya, jadi bertahap dulu gitu,” ucap cowok yang ngefans banget sama John Petrucci ini.

Selain bisa mainin lead, kemampuan jemari tangan kiri dan kanan pun harus diasah banget supaya bisa main cepat. “Pertama coba picking yang lancar, dari lambat ke cepat. Setelah itu, tangan kiri main di fret gitar, pentatonik, diatonik, kromatik, dari pelan lama-lama dinaikkan speed-nya,” ungkap mas Andrie. “Jangan berlebihan juga, harus sesuai porsinya, makanya 2-3 jam sehari itu cukup kok, asal rutin,” tambahnya.

FOKUS

Bermain gitar secara cepat tentunya membutuhkan fokus yang luar biasa tinggi. Keseimbangan jemari kanan dan kiri dalam memetik serta menekan senar gitar menjadi tantangan selanjutnya yang harus dilalui para calon shredder menurut mas Andrie. “Rasanya nggak akan bisa jadi shredder kalo jemari kanan dan kiri nggak akur . Itu pun harus dibiasakan, pikiran harus tenang supaya jemari kedua belah tangan bisa sinkron dalam memainkan sebuah lagu atau lead,” beber cowok penggemar es teh manis ini.

“Kosongkan pikiran saat ingin bermain dengan tempo cepat, jangan sampai terintervensi oleh pikiran-pikiran lain yang mengganggu. Pokoknya, latih terus aja otak kiri dan otak kanan kita supaya jadi shredder yang yahud,” lanjutnya.

JAGA KONDISI TUBUH

Percuma aja kalau udah jago tapi kondisi badan nggak baik, permainannya jadi nggak maksimal, begitulah menurut mas Andrie. Selain memikirkan teknik, kalian juga tetep harus memperhatikan kondisi badan kalian, guys! “Terutama istirahat dan pola makan sih. Soalnya, kalo dua poin tersebut nggak terealisasikan dengan baik, permainan kalian juga nggak akan maksimal, malah cepet kendor,” bocor cowok yang juga berprofesi sebagai praktisi gitar ini.

Ia pun menceritakan pengalamannya saat ia dalam keadaan nggak prima untuk bermain gitar. “Dulu saya pernah kurang tidur terus makanannya asal, berantakan polanya, pas main gitar saya ngerasa jemari saya agak gimana gitu, nggak bisa secepat biasanya. Mulai dari situ saya paham ternyata kondisi tubuh yang prima nggak bisa dikesampingkan dalam proses menjadi seorang shredder,” curhat mas Andrie.

Tuh, buat para gitaris, coba praktekin deh tips yang dibeberkan mas Julius Andrie buat kalian. Selamat mencoba!

(PENULIS: LUQMAN)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular