Follow Us

Ini Dia Bedanya CV dengan Resume, Jangan Salah Ya!

Alvin Bahar - Jumat, 22 September 2017 | 07:11
Contoh CV yang ngaco!
Alvin Bahar

Contoh CV yang ngaco!

Buat yang lagi cari pekerjaan, ada informasi penting nih. Biasanya ketika melamar pekerjaan di suatu tempat kita pastinya kita diminta buat ngasih CV dan resume. Dua hal itu nggak sama lho. CV dan resume ada bedanya!

Selain beda, seringkali dua hal tersebut terbalik-balik. Ada perusahaan yang minta resume, malah dikasih CV. Ada juga sebaliknya.

Nah, HAI punya nih perbedaan CV dan Resume biar temen-temen nggak kebalik-balik. Check this out!

1. Apa itu CV?

CV itu singkatan dari curriculum vitae artinya "cerita kehidupan".

CV adalah dokumen yang memberikan gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi dan prestasi seseorang, terutama hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan. Seperti sekolah, peguruan tinggi atau pelatihan tertentu.

CV juga bisa berisi informasi pribadi seperti status perkawinan, kewarganegaraan, tanggal lahir, dan bahkan foto. Biasanya CV dibuat seumur hidup sekali tanpa ada perubahan, kecuali ada pencapaian baru yang akan ditambahkan ke dalam daftar. Buatlah CV dengan panjang 2 halaman dan nggak lebih. Hal ini dimaksudkan buat jadi dokumen terperinci.

2. Kalo resume?

‘Dating Resume’
Sedangkan resume adalah ringkasan singkat tentang keterampilan, kualifikasi, dan pendidikan seseorang. Resume biasanya disesuaikan sama pekerjaan tertentu.

Panjang resume biasanya 1 halaman dikarenakan sifatnya yang ringkas.

Kalau lo mau kerja di Inggris, Irlandia, Eropa, dan Selandia Baru, biasanya mereka membutuhkan CV.

Di negara-negara tersebut resume nggak dipakai. Sedangkan di Amerika Serikat dan Kanada, standarnya mereka meminta resume. Nah di Australia, India, Afrika Selatan, dan sebagian negara Asia, CV dan resume digunakan.

Tapi guys, CV biasanya lebih untuk pekerjaan layanan publik. Kalau resume buat yang kerja di perusahaan swasta.

Nah itu dia perbedaan CV dan resume guys. Jadi jangan kebolak-balik ya. Karena karier lo di dunia kerja bisa juga ditentukan dari CV atau resume yang dikirim. So, jangan sampe salah kirim ya. (Agung)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular