Follow Us

Mau Lebih Mudah Ingat Materi Pelajaran? Ini Dia 3 Tipsnya

- Rabu, 04 April 2018 | 14:00
Belajar lagi
Hai Online

Belajar lagi

HAI-Online.com - Setiap orang tentu punya caranya masing-masing untuk meyerap ilmu dan bikin mereka lebih mudah ingat materi pelajaran. Tapi, nggak jarang juga orang yang masih kesulitan biar beragam materi mudah diingat. Nah, HAI kasih nih tipsnya bro.

Ini dia 3 tips supaya materi pelajaran lebih mudah diingat dari ilmuwan Shibata tahun 2007 yang dimuat dalam Jurnal Nature Neuroscience.

UDAH TAU BELUM? Hati-Hati! Ini 5 Penyakit Berbahaya ketika Kecanduan Social Media

1. Satu subjek dalam satu waktu

Usahakan ya bro saat belajar dibagi dalam beberapa waktu. Sebaiknya sih satu waktu hanya mempelajari satu subjek sajat dan nggak diganggu dengan pelajaran lain yang berbeda. Ternyata mempelajari lebih dari satu subjek dalam satu waktu itu bisa menganggu proses pembelajaran loh.

2. Beri jeda sebentar

Kadang suka pusing nggak sih bro terus menerus belajar nggak berhenti? Nah, memang sebaiknya setelah belajar satu subjek kita istirahat dulu. Bagaimanapun otak kita butuh istirahat apalagi setelah terus-terusan berpikir berusaha menyerap ilmu. Kita harus ingat nih, belajar berlebihan, apalagi dipaksa malah dapat menganggu apa yang sudah kita pelajari sebelumnya. Jadi, sudah saatnya pintar-pintar manajemen waktu ya termasuk istirahat dalam belajar.

3. Biasakan belajar

Kalau selama ini jadwal atau manajemen belajar lo berantakan dan semerawut, ini saatnya untuk mulai menatanya. Coba deh buat jadwal belajar yang rutin, sehingga tubuh dan otak kita siap untuk menerima pelajaran baru. Seseorang yang lebih sering belajar akan memiliki ingatan yang lebih kuat loh, sedangkan orang yang jarang belajar cenderung punya gangguan dalam menyimpan memori. Mulai deh pikir-pikir lagi untuk manfaatin waktu sebaik mungkin, apalagi bagi lo yang mau melaksanakan beragam ujian.

Selain tiga hal itu, perhatikan juga pola tidur dan pola makan ya. Banyak loh cara-cara lain yang nggak kalah menunjang daya serap dan daya ingat kita dalam suatu pelajaran.

Artikel ini pertama kali tayang di http://bobo.grid.id/Info-Bobo/Serba-Serbi/Tips-Belajar-Yang-Supaya-Tidak-Mudah-Lupa?page=all

Source : bobo.id

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest