Follow Us

5 Tips yang Harus Lo Ikuti Agar Juara Balap Motor Gymkana

Rizki Ramadan - Selasa, 09 Agustus 2016 | 01:00
balap motor gymkhana
Rizki Ramadan

balap motor gymkhana

Gymkhana itu bukan balap biasa, nggak cuma adu kecepatan, kita juga kudu adu kecerdasan dan keseimbangan. Udah gitu, aturan selama balap banyak banget bro. nggak sedikit tuh peserta yang nggak boleh lanjut balap karena didiskualifikasi. Tapi, itu nggak boleh jadi alasan kita untuk mangkir darinya. Soalnya, gymkhana makin ke sini makin rame diperlombakan untuk pelajar. Biar nggak jiper untuk mencobanya, simak dulu nih tips menang dari M Toriq, instruktur balap gymkhana dari Honda Stunt Rider.

1. Hafalin Trek

Ini yang paling penting. Di gymkhana, jalur hanya dibentuk dari susunan cone aja. Udah gitu, tiap cone pasti ada petunjuk rintangannya. Jadi, kalau nggak dihapal baik-baik, kemungkinan salah jalur makin besar.

Biasanya, sebelum kompetisi dimulai, para peserta diajak untuk berjalan kaki menyusuri trek. Nah, itu adalah saatnya untuk menghapal baik-baik. Perhatikan tiap petunjuk yang ada di cone, inget baik-baik kapan kita harus belok kiri dan belok kanan, pahami juga tantangan khusus yang mengharuskan kita berputar mengeliling cone.

“Banyak peserta yang menganggap enteng sesi jalan kaki menyusuri jalur. Padahal itu penting, biar mereka hapal. Hapal trek adalah kuncinya. Mereka yang menang adalah yang menghapal, dan kalau dikasih kesempatan, mencoba treknya dulu sebelum balap,” kata Torik.

2. Jaga Kecepatan

Inget, gymkhana bukan cuma soal kecepatan, bro, tetapi juga kelincahan dan keseimbangan. So ngandelin kecepatan doang nggak bakal bikin lo angkat piala.

Torik mengingatkan, kecepatan itu sangat perlu dijaga. “Jangan sampai kita maksa ngebut padahal jalurnya udah membelok. Kalau ada tikungan ya kita tetap harus ngerem, kalau dipaksain nanti keluar jalur, waktu berkurang, deh.”

3. Berstrategi Sesuai Skill

Menurut Torik, balap gymkhana itu bisa diikuti oleh pembalap lintas genre, mereka yang biasa drag race, freestyle, road race, atau safety riding bisa ikutan juga.

Nah, tiap jenis pembalap pasti punya skill khasnya masing-masing. Di gymkhana, kekhasannya itu bisa jadi strategi.

“Misalnya, kalau udah biasa balap drag ya kebut aja di trek lurus, dan hati-hati di saat slalom,” kata Torik.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular