Waspada, Terlalu Narsis Bisa Bikin Kita Kena Penyakit Jiwa

  • Selasa, 14 November 2017 15:00 WIB

Penyakit jiwa narsis part 2

HAI-ONLINE.COM – Pernah nggak, lo nemuin teman atau orang yang percaya diri banget dan bangga dengan dirinya? Bisa jadi, orang itu kena Narcissistic Personality Disorder (NPD).

Jadi gini, dulu, sih, narsis dikaitkan dengan mitologi Yunani yang menceritakan kisah seorang pemuda tampan bernama Narcissus.

Narcissus lebih tampan dari cowok manapun di dunia ini sehingga banyak gadis memujanya, bahkan dia sendiri mencintai bayangan wajahnya karena ia lebih mengagumi ketampanannya dengan berkaca pada sebuah sungai. Narsisus jatuh cinta pada bayangannya sendiri hingga akhirnya mati karena tenggelam.

 Ada perbedaan besar antara diri yang sebenarnya dengan diri yang terlihat dari sebuah pantulan. Mencintai diri sendiri adalah hal yang normal dan sehat. Tapi yang terjadi pada seorang yang punya peyakit jiwa narsis adalah, ia mencintai citra diri yang ditangkap oleh orang lain.

 Orang yang jatuh cinta pada bayangan nggak mampu mencintai sesamanya, juga dirinya sendiri. Untuk terus eksis, seorang yang berpenyakit narsis tergantung pada yang disebut sebagai Narcissistic Supply, yaitu pandangan orang-orang di sekitarnya yang menampilkan ilusi bahwa ia seorang yang penting, unik, dan istimewa.

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×