Follow Us

Kenapa Ya Kita Kena Gangguan Tidur Ketika Berada di Tempat Baru?

Dok Grid - Jumat, 19 April 2024 | 11:17
Susah tidur

Susah tidur

HAI-ONLINE.COM – Pernahkah kamu mengalami kesulitan tidur saat menginap di rumah teman atau di rumah keluarga? Padahal, malam sebelumnya kita sudah tidur cukup.

Kira-kira apa yang menyebabkan kita dan mungkin hampir sebagian besar orang kesulitan tidur di tempat baru? Menurut Yuka Sasaki, peneliti dari Brown University, hal itu sangat normal.

Saat tidur di tempat baru, setengah otak kita akan terjaga dan waspada terhadap suasana di lingkungan baru itu. Sikap waspada itu membuat kita peka terhadap bunyi, gerak, hingga bau yang muncul di ruangan tempat kita tidur.

Cek: Udah Tidur Lama Tapi Tetep Ngantuk? Ternyata Ini Penyebabnya!

Nah, kepekaan itulah yang membuat kita susah untuk tidur.

Hal itu sudah dibuktikan oleh Yuka Sasaki dalam penelitian yang melibatkan 11 relawan. Ke 11 relawan itu diminta untuk tidur beberapa malam di dalam labolatoriumnya.

Para relawan tidur di sebuah scanner medis raksasa yang bisa mengukur aktivitas otak para relawan. Scanner itu sudah diberikan banyak bantal, guling, dan handuk agar nyaman untuk dipakai tidur.

Tapi para relawan tetap mengalami kesulitan tidur di malam pertama penelitian.

Kesulitan tidur itu disebabkan oleh gelombang otak, mata, dan detak jantung mereka yang tetap beraktivitas seperti biasanya.

Akhirnya para relawan pun membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur.

Editor : optimization

PROMOTED CONTENT

Latest