Follow Us

Cermat Dong, 4 Perilaku Ini Jadi Tanda Kalo Kamu Lagi Dibohongi Lawan Bicara

Dok Grid - Senin, 12 Februari 2024 | 09:44
Ilustrasi pembohong
Pixabay/Murati

Ilustrasi pembohong

HAI-Online.com - Ketika tengah berbicara dengan orang lain, kita seringkali merasa bingung apakah lawan bicara sedang berkata jujur atau berbohong karena saking seringnya menerima kebohongan.

Seperti yang dilansir HAI dari Independent, ternyata ada beberapa perilaku yang bisa dijadikan tanda untuk mendeteksi apakah lawan bicara kita sedang bicara jujur atau lagi berbohong.

Kira-kira apa aja?

Daripada kebanyakan basa-basi, langsung aja sejumlah perilaku yang jadi pertanda kalau kamu tengah dibohongi oleh lawan bicaramu.

1. Tatapan Mata

Sudah bukan jadi rahasia lagi, kalau kontak mata bisa jadi pertanda untuk membuktikan bahwa lawan bicaramu sedang berbohong atau tidak.

Bila mereka jujur, biasanya mereka akan berani melakukan kontak mata denganmu secara langsung, sedangkan pembohong biasanya berusaha mengalihkan pandangannya dari matamu seolah-olah ingin melarikan diri dari situasi tersebut.

2. Pura-pura Kalem

Biasanya orang yang sedah berbohong akan mencoba berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan, dan mencoba terlihat tenang di depanmu.

Seperti yang dikutip HAI dari Inside, pembohong biasanya akan terlihat berfikir agak lama untuk memberikan jawaban karena berusaha menutup-nutupi hal yang sebenarnya terjadi.

"Jika kamu melihat seseorang mengubah bahasa tubuh seakan-akan berusaha melindungi badan atau melakukan sesuatu untuk menenangkan diri seperti menyentuh wajah dan mengusap dahi, sudah bisa dipastikan bahwa dia sedang berbohong," terang seorang psikolog, John Paul Garrison.

3. Perubahan Tingkah Laku

Ketika lawan bicaramu yang biasanya heboh tiba-tiba berubah menjadi seorang pendiam, hal itu bisa berarti dia sedang menutup-nutupi sesuatu hal dari dirimu.

Namun dalam kasus ini bisa terjadi dua kemungkinan sob, yang pertama dia sedang berbohong kepadamu, atau doi membutuhkan perhatian lebih karena memiliki suatu masalah.

Source : Independent

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest