Ini Dia 7 Fakta yang harus Diketahui Ketika Mencukur Bulu Kemaluan

  • Senin, 9 Oktober 2017 20:37 WIB

Alat cukur di barbershop pangkas rambut Nasional | Rizki Ramadan

Bagi beberapa orang, kebiasaan rutin mencukur rambut kemaluan punya alasan yang beragam, mulai dari alasan kebersihan ataupun alasan lainnya.

Apa pun alasannya, saat memutuskan untuk mencukur rambut kemaluan, kita harus berhati-hati, bro. Hal ini dilakukan untuk menghindari iritasi ataupun adanya infeksi setelah mencukur.

Pada dasarnya, mencukur rambut kemaluan itu merupakan pilihan pribadi. Itu sebabnya, setiap orang bebas untuk memilih mencukur atau nggak.

Yang terpenting, kita harus rutin merawat kebersihan area kulit kelamin dengan baik supaya nggak terjadi infeksi dan iritasi setelahnya. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita ingin mencukur rambut kemaluan.

 

1. Cukur dengan pisau cukur adalah cara yang paling aman

Ada beberapa cara untuk menghilangkan rambut kemaluan, yaitu dengan waxing, mencukurnya dengan pisau cukur khusus, dan laser. Tapi, waxing dan laser hanya bisa dilakukan oleh para ahli profesional.

Selain itu, keduanya pun membutuhkan biaya yang nggak sedikit untuk sekali perawatan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics and Gynaecology, mencukur dengan pisau cukur adalah cara yang dinilai paling aman.

Meski begitu, seorang konsultan ginekolog asal Amerika Serikat, Hugh Byrne, mengatakan waxing dan pisau cukur pada dasarnya memiliki risiko yang sama. Terlebih jika kita nggak merawat kulit di bagian genital dengan benar setelah mencukur atau waxing.

 

Sumber : kompas.com

Reporter : Rian Sidik
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×