Follow Us

Apakah Puasa Perlu Konsumsi Vitamin C?

Dok Grid - Kamis, 14 Maret 2024 | 11:59
Apakah Puasa Perlu Konsumsi Vitamin C
iamalvin

Apakah Puasa Perlu Konsumsi Vitamin C

Vitamin C udah lama dipercaya bisa bikin kekebalan tubuh lebih oke, dan bikin tubuh lebih segar berenergi. Makanya, kalo orang rajin minum vitamin C, jadi nggak gampang sakit dan bisa pol melakukan berbagai aktivitas. Tapi, apakah puasa perlu konsumsi vitamin C?

Di bulan puasa biasanya kita jadi loyo. Gara-gara kurang makan akhirnya kurang bertenaga, terus mendadak penyakitan. Yang pusinglah, yang eneklah.... Itu sebabnya pas sahur minum vitamin C nggak boleh kelewatan!

Cuma, udah rahasia umum juga kalo yang namanya vitamin C bisa mengiritasi lambung. Secara "dia" asem gitu kaaan...? Di sini dilemanya! Niat minum vitamin C biar selama puasa stamina tetep dahsyat, tapi justru ada ancaman lain.

"Sebenernya begini," buka Dra. Aziza Nuraini, MM. "Semua yang kita makan dan minum, mampir di lambung paling lama cuma dua jam. Setelah itu udah masuk ke usus, lalu diproses dan dibagi-bagi. Ada yang dilempar ke dalam darah, sisanya dilempar ke organ pembuangan. Vitamin C, karena sifatnya larut dalam air justru lebih sebentar lagi mampir di lambungnya. Nggak sampe dua jam juga udah hilang."

Oleh karenanya, menurut Bu Nur kalo pas sahur kita minum vitamin C sama sekali nggak masalah. Maksudnya nggak bakal mengiritasi lambung, selama cara minumnya bener. So, gimana cara minum vitamin C yang bener?

"Sebelum minum vitamin C harus makan dulu. Supaya apa? Supaya begitu vitamin C masuk ke lambung, ada makanan yang melapisi dinding lambung. Sehingga vitamin C nggak bersentuhan langsung dengan dinding lambung."

Sementara soal khasiat vitamin C, ternyata nggak seratus persen bener. Menurut Kepala Pusat Informasi Obat & Makanan Badan POM RI ini, untuk bisa bikin kekebalan tubuh lebih oke dan bikin tubuh lebih segar berenergi bukan hanya vitamin C yang dibutuhkan. Masih ada sederet vitamin lainnya, seperti vitamin A, B, D, E, K....

"Kalo kita puasa, kita emang kehilangan satu kali waktu makan. Efeknya otomatis tubuh kita pun akan kekurangan vitamin. Tapi kalo pas sahur kamu hanya minum vitamin C, selama kamu berpuasa yang ter-cover ya hanya kekurangan vitamin C-nya aja. Kekurangan vitamin lainnya nggak! Makanya kalo emang mau minum vitamin, sebaiknya minum multivitamin agar vitamin yang ter-cover selama berpuasa lebih banyak," saran Bu Nur, mengakhiri penjelasannya.

Siiip...!!!

Baca Juga: Ahli Gizi RS UNS Sebut Takjil Ini Harus Dihindari Pas Berbuka

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular