Follow Us

Wajib Makan, Ini Sederet Manfaat Kalau Makan Kurma Saat Sahur dan Buka Puasa

Dok Grid - Jumat, 15 Maret 2024 | 11:01
Kurma dan adu jadi menu sahur anak kos
pixabay.com

Kurma dan adu jadi menu sahur anak kos

HAI-ONLINE.COM- Salah satu makanan yang selalu ada di saat bulan puasa selain kolak adalah buah kurma.

Buah yang tumbuh di daerah padang pasir ini kerap kali dipercaya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Bahkan sejumlah penelitian telah membuktikan kalau manfaat kurma untuk kesehatan nggak hanya untuk yang berpuasa aja loh sob. Melainkan yang lagi diet juga bisa.

Kalau kamu penasaran seberapa banyak manfaat dari buah kurma ini, HAI udah menghimpun dari Healthline nih manfaat kurma kalau dikonsumsi saat buka puasa atau sahur.

1. Kaya akan nutrisi

Kurma memiliki riwayat nutrisi yang sangat baik. Sebab, buah ini dikeringkan, sehingga kandungan kalori kurma lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar.

Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara. Kendati mengandung kalori yang tinggi serat, kurma ternyata juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting.

Selain itu, menurut National Institute of Health (NCBI), kurma juga memiliki antioksidan yang tinggi, yang berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan.

2. Tinggi serat

Selama berpuasa, kebutuhan serat untuk tubuh juga harus terpenuhi. Mendapatkan serat yang cukup sangat penting untuk kesehatan.

Dengan mengkonsumsi satu porsi kurma sekitar 100 gram, selama puasa, maka asupan serta yang dibutuhkan oleh tubuh dapat meningkat.

Manfaat serta sangat baik bagi kesehatan pencernaan, yakni mencegah sembelit.

Dalam sebuah penelitian terhadap 21 orang yang mengkonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari, mengalami peningkatan frekuensi buang air besar yang signifikan dibandingkan ketika mereka tidak makan kurma.

Source : kompas

Editor : optimization

Baca Lainnya

Latest