Follow Us

Jangan Jadiin Patokan, Ini 4 Hal Sering Disalahpahami tentang Konsep ‘Empat Sehat Lima Sempurna’

Dok Grid - Senin, 08 April 2024 | 10:36
Sup Ayam, makanan yang baik dikonsumsi
kompas.com

Sup Ayam, makanan yang baik dikonsumsi

HAI-Online.com – Lo pasti udah nggak asing sama ungkapan ‘empat sehat lima sempurna’. Namun sebagian masyarakat masih menganggap konsep tersebut merupakan rumus makanan sehat.

Padahal faktanya, empat sehat lima sempurna itu berbeda dengan gizi seimbang lho, guys!

Perbedaan utamanya, melansir akun Instagram Kemdikbud Ristek pada Selasa (28/9/2021), konsep empat sehat lima sempurna menekankan pada konsumsi nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan memandang susu sebagai bahan pangan yang menyempurnakan.

Sementara konsep ‘gizi seimbang’ dimaknai sebagai susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Biar lebih paham, simak tiga fakta lainnya soal konsep empat sehat lima sempurna yang sering disalahartikan oleh masyarakat, merangkum laman Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Jangan Ketipu Makanan, Begini 7 Tips Konsumsi Camilan Sehat Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Susu bukan penyempurna

Dalam konsep empat sehat lima sempurna, susu menjadi makanan/minuman yang dikelompokkan sendiri dan dianggap jadi penyempurna.

Sedangkan dalam konsep gizi seimbang, susu termasuk kelompok lauk-pauk dan bukan makanan penyempurna. Jadi, susu bisa aja digantikan oleh jenis makanan lain yang sama nilai gizinya.

Penjelasan soal porsi

Konsep empat sehat lima sempurna nggak menyertakan informasi jumlah yang harus dikonsumsi dalam sehari.

Sementara konsep gizi seimbang memasukkan penjelasan tentang kuantitas atau jumlah (porsi) yang harus dikonsumsi setiap hari untuk setiap kelompok makanan.

Baca Juga: 4 Manfaat Makanan Pedas, Salah Satunya Bisa Bantu Nurunin Berat Badan

Pentingnya minum air mineral

Yang terakhir, konsep empat sehat lima sempurna nggak mengungkapkan bahwa tubuh perlu minum air mineral secara cukup, aman dan bersih.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest