Follow Us

Ahli Gizi RS UNS Sebut Takjil Ini Harus Dihindari Pas Berbuka

Dok Grid - Rabu, 13 Maret 2024 | 10:56
Makanan yang sebaiknya dihindari saat puasa
Wikimedia

Makanan yang sebaiknya dihindari saat puasa

HAI-Online.com - Bulan puasa telah tiba, pastinya banyak yang mencari menu takjil apa yang pas untuk berbuka puasa.

Nah, tapi tahu nggak sih kalian kalau nggak semua takjil baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik? Buka Puasa dengan Minuman Dingin atau Hangat?

Menurut Ahli Gizi Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Banun Ma’rifah Fathsidni, kandungan gizi takjil yang akan disantap saat berbuka perlu diperhatikan.

Banun Ma’rifah Fathsidni menganjurkan untuk menghindari makanan dan minuman manis berlebihan.

"Ketika berbuka memang dianjurkan dengan makanan manis dan minum cukup air putih. Namun, konsumsi makanan dan minuman manis itu disarankan tidak melebihi batas yang dianjurkan," ujar Banun Ma’rifah Fathsidni seperti dikutip dari laman UNS.

Banun mengungkapkan, makanan dan minuman manis memang lebih mudah dan cepat diserap sebagai sumber tenaga yang dibutuhkan untuk mengganti energi yang dipakai selama seharian.

Namun, tidak selamanya makanan dan minuman manis yang dikonsumsi saat berbuka puasa baik bagi tubuh. Apalagi jika dikonsumsi secara terus menerus.

Kandungan gula sederhana dan pemanis yang berasal dari gula, sirup, dan susu kental manis berisiko meningkatkan asupan gula darah dan risiko diabetes mellitus.

"Menurut anjuran Kemenkes takaran konsumsi harian untuk gula, garam, dan lemak adalah G4G1L5, yaitu gula 4 sdm, garam 1 sdt, dan lemak 5 sdm minyak. Kandungan gula cenderung tinggi pada takjil seperti kolak, es buah, dan sebagainya tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam waktu yang terus menerus dan porsi yang banyak," terangnya.

Selain itu, Banun juga menyampaikan, saat berbuka puasa lebih baik menghindari gorengan sebagai takjil. Alasannya, tingginya asupan gorengan berakibat pada banyaknya asupan lemak dari minyak dan tepung sebagai bahan adonan gorengan.

Baca Juga: Meski Seger, Buka Puasa Pake Minuman Dingin Bisa Bikin Masalah Kesehatan

Source : Kompas.com

Editor : optimization

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest