Follow Us

Biar Nggak Malu, ini 6 Cara Mencegah Bau Mulut Selama Berpuasa

Dok Grid - Selasa, 05 Maret 2024 | 12:39
Sering Gak PD Karena Nafas Tidak Sedap? Ternyata Ini Sebab Bau Mulut Saat Puasa
Triangle Dentistry

Sering Gak PD Karena Nafas Tidak Sedap? Ternyata Ini Sebab Bau Mulut Saat Puasa

HAI-ONLINE.COM- Selain penampilan, bau mulut juga menjadi salah satu perhatian pertama ketika bertemu dan berbicara dengan orang lain.

Apalagi di tengah bulan puasa seperti ini. Kalau hari biasa sih, kita bisa jadikan permen sebagai senjata utama. Tapi kalau sekarang?

Menurut ahli diet Swisse Wellness, Simone Austin, sebenarnya bau mulut itu dipengaruhi dari seberapa air liur yang ada di mulut.

Jadi seenggaknya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat sahur maupun berbuka kalau mau mulut kamu terhindar dari bau.

Penasaran? Langsung aja nih simak tipsnya sob.

1. Makan sehat saat sahur

Jangan hanya makan apa yang diinginkan. Terpenting adalah masukkan sayur dan buah segar ke dalam menu sahur. Keduanya penting bagi tubuh, karena kaya antioksidan.

2. Bersihkan lidah

Selain menyikat gigi secara rutin dua kali sehari, bersihkan juga lidah dengan lembut menggunakan alat khusu pembersih lidah. Ini akan membantu membersihkan bakteri yang ada pada lidah dan menyebabkan bau tak sedap.

3. Minumlah banyak air

Cara terbaik untuk menghindari mulut kering dan bau mulur adalah tetap terhidrasi dengan baik. Puasa nggak berarti harus mengurangi asupan air, jadi usahakan untuk tetap minum delapan gelas setiap hari. Kamu bisa mengaturnya setelah berbuka puasa hingga waktu sahur.

Baca Juga: Sering Sikat Gigi Tapi Mulut Masih Bau? Makan 4 Jenis Buah Ini Nih!

4. Hindari kopi

Bagi sebagian orang, ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi pikirkan, bulan ini sebagai waktu terbaik untuk detoksifikasi kafein. Ini karena tannin - senyawa yang terdapat di dalam kopi akan mengikat air liur kita, sehingga menyebabkan mulut terasa kering.

5. Sikat gigi dengan baking soda

Saat menggosok gigi, coba ganti pasta gigi dengan baking soda. Campurkan 1/4 cangkir baking soda dengan dua sendok makan kulit lemon dan dua sendok teh garam. Ini membantu menjaga pH oral yang sehat.

6. Pakai benang gigi

Sisa makanan yang tanpa sadar tertinggal di gigi sepanjang hari tentu akan menyebabkan bau mulut. Jangan malas membersihkan gigi dengan benang gigi setiap setelah makan. Benang gigi akan membantu menyingkirkan semua sisa makanan yang tersangkut di antara gigi.

Source : kompas

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular