Follow Us

Sulit Dilakukan Tapi Perlu Diketahui Nih 3 Manfaat dari Tidur Siang

Dok Grid - Selasa, 27 Februari 2024 | 16:14
manfaat tidur siang
spectrelabs

manfaat tidur siang

HAI-Online.com - Tidur siang menjadi hal yang sulit dilakukan bagi kita yang sudah beranjak dewasa. Pernah ada pernyataan ketika kecil tidur siang adalah hal buruk, tetapi ketika sudah dewasa tidur siang merupakan hal yang dibutuhkan.

Mungkin tidur siang bagi orang dewasa hanya bisa dilakukan pada saat weekend atau libur. Kalo lagi bekerja di kantor tentu hal ini sulit dilakukan meski bisa saja untuk tidur sebentar.

Nah, terlepas dari hal tersebut, nyatanya ada banyak manfaat tidur siang untuk orang dewasa lho. Menurut spesialis gangguan tidur dan perilaku, Michelle Drerup, tidur siang dapat membantu merasa sedikit lebih energik, waspada dan rileks.

Melansir Kompas.com, informasi dari laman Cleveland Clinic, berikut ini ada 3 manfaat tidur siang yang perlu lo ketahui:

1. Meningkatkan kinerja

Kalo lo sering begadang, tidur siang sebentar doang bisa ngilangin rasa ngantuk, bahkan benar-benar membantu badan kembali segar meski hanya sesaat.

Menurut riset, juga menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, mempercepat reaksi tubuh, dan meningkatkan kemampuan penalaran logis.

Baca Juga: Kenapa Malah Susah Tidur saat Badan Capek Banget? Ini Penjelasannya

2. Meningkatkan memori

Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang mempelajari tugas-tugas baru bisa mengingatnya lebih baik setelah tidur siang singkat.

Satu studi menemukan bahwa orang yang tidur siang selama satu jam mampu mengingat informasi baru lebih baik daripada orang yang nggak tidur siang.

Jadi buat lo yang mau mengingat sesuatu lebih baik, lebih baik tidur siang dulu karena sangat berguna.

3. Meredakan stres

Tidur siang dapat membantu meredakan stres dan mengubah suasana hati yang buruk.

Riset menunjukkan setelah tidur siang, orang menjadi kurang impulsif dan dapat mengatasi frustrasi dengan lebih baik. Selain itu, badan pastinya akan lebih enakan dan membuat perasaan menjadi lebih baik.

Nah, itu tadi 3 manfaat tidur siang buat orang dewasa. Ya kalo memang sulit untuk tidur siang, mungkin kalo ada waktu luang meski cuma 15 menit, bisa lah itu buat tidur sebentar aja. (*)

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Bikin Kita Lebih Bahagia di Pagi Hari, Salah Satunya Tidur

Source : Kompas.com

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest