Ini Dia 4 Tanda-tanda Fobia, Apa Ada di Kamu?

  • Sabtu, 25 November 2017 15:30 WIB

Pemilik fobia sosial akan merasakan berbagai macam indikasi saat bertemu orang banyak. Mereka takut dibilang negatif

HAI-ONLINE.COM - Di balik ketenangan seseorang, pasti kita bakal nemuin ketakutan, kecemasan yang 'nggak masuk' akal, atau yang dikenal fobia. Fobia berbeda dengan ketakutan biasa. Kalau ketakutan biasa obyek yang membuat takut itu emang dianggap ketakutan juga oleh orang lain. Contoh, takut menghadapi UN. Itu sih semua orang juga takut. Tapi kalau takut sama cermin, kupu-kupu atau permen karet?

"Fobia itu banyak banget, ada fobia yang udah umum kita dengar seperti claustrophobia (takut tempat terbuka), tapi ada juga fobia yang nggak umum kita dengar seperti fobia pada benda-benda cemen yang tadi disebutkan. Karena nggak umum didengar, istilahnya untuk menyebut fobia itu nggak ada," kata Psikolog dari biro Psychological Practice, A. Kasandra Putranto.

Ciri-ciri orang yang fobia itu munculnya rasa cemas, takut, khawatir yang berlebihan terhadap sesuatu yang seharusnya nggak menakutkan. Nah, itu kan dalam bentuk kasat matanya, Kasandra membeberkan tanda-tanda fobia lainnya. Simak nih!

Cek deh: 6 Aktor Ini Ternyata Punya Fobia Aneh

1. Berkeringat banyak walau nggak lagi kegerahan

2. Gemetar

3. Ekspresi mukanya berubah jadi pias atau kicep

4. Lalu, muncul reaksi yang lebay seperti: teriak-teriak atau ngejerit histeris, lari tunggang langgang menjauhi obyek yang ditakutinya, ngumpet dan lain-lain.

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×