Health

Biar Tetep Ganteng, Ini Dia Cara Mencegah Perut Buncit Buat Yang Doyan Ngemil

Jangan kebanyakan ngemil, deh!
Foto by : Men's Fitness

Mungkin banyak orang bakal sepakat kalau ngemil itu adalah kegiatan yang susah banget dilepasin dari kehidupan kita. Terlebih lagi, kalo kita lagi gabut alias nggak ngapa-ngapain. Bawaannya pasti laper, dan kemudian pengennya langsung cari cemilan.

Belom lagi kalo kita lagi nonton sama gebetan. Pasti banyak yang modus kan, beli-beli cemilan biar bisa gandeng tangan gebetan waktu berebutan ngambil isinya. Ketauan, kan?

Ngemil itu emang nggak salah, sih. Menurut ibu Rosdiana Ningrum atau yang akrab disapa Diana, seorang psikolog yang dekat dengan kehidupan remaja, kegiatan ngemil itu emang adalah salah satu hal mengasyikkan yang bisa kita lakukan waktu kita lagi santai-santai dan istirahat.

“Istirahat itu biasanya kita harus memuaskan semua indra. Nggak cukup untuk melihat saja, tapi juga menggunakan indra penciuman. Misalnya kalau ngemil, nggak cukup melihat bentuknya aja, tapi biasanya kita juga mencium aromanya, dan itu bisa membantu kita menghilangkan stress,” jelas ibu Diana saat dijumpai di acara media launch produk terbaru dari Calbee Wings bernama Potabee dan KrisBee, di Jakarta, Selasa (15/11).

Meski ngemil itu nggak dilarang, tapi tentu kita harus bisa ngontrol juga. Soalnya, kalo kebanyakan ngemil, bukan nggak mungkin berat badan kita bisa nambah dan perut kita buncit menimbun lemak di sana-sini. Hiiy, bukannya tambah chubby, yang ada gebetan malah lari, tuh!

https://2.bp.blogspot.com/-Et2wdIP2fPY/WCviz-ieQWI/AAAAAAAABIM/g1RBlV6xIdY1WqKJkk5RUWrSKpnlL6VigCLcB/s1600/P_20161115_104544.jpg
Dari muda sampe tua, ngemil aja semuanya.
Foto by: Jeanett Verica

Untuk itu, kita kudu tau caranya mengontrol keinginan kita buat ngemil. Menurut Junior Liem, seleb yang dipilih sebagai brand ambassador snack Potabee yang juga raja ngemil sejak kecil –tapi badannya tetep nggak gendut-gendut–, kegiatan ngemil itu harus diseimbangi dengan makan makanan yang sehat. Nggak boleh berlebihan juga, tuh.

https://3.bp.blogspot.com/-uqHc-HmdYhs/WCviyPMGAbI/AAAAAAAABII/v8q6UBeI1LAHtjhVqpYahVk82xIEHWKjgCLcB/s1600/P_20161115_113754_1.jpg
Junior Liem
Foto by: Jeanett Verica

“Jangan sehari ngemil doang terus nggak makan. Ngemilnya juga aku tentuin frekuensi ngemilnya, misalnya dua kali doang dalam sehari. Olahraga juga harus, dong. Dulu pas kecil aku aktif bulutangkis, sekarang sih yang rutin bola, tapi nggak tiap hari juga,” repet artis yang sering main film televisi alias FTV ini.

Buat Junior, untuk menjaga berat badan kita supaya nggak kena risiko obesitas walaupun sering ngemil, kita juga mesti strict sama diri sendiri. Dalam artian, kalo malem kelaperan ya jangan makan lagi. Terus, kalo ngemilnya udah kebanyakan, ya di-stop sebelum “begah”.

Toh, pernah ada nasihat orang bijak, banyak hal itu bakalan baik asal nggak sampe berlebihan. Ngemil itu baik-baik aja, asal nggak kebanyakan. Setuju?

Jeanett Verica

Penyuka kulineran dan ketagihan jalan-jalan gratis. Lulusan Sastra Prancis yang tergoda merintis karir jadi jurnalis. Mimpi terbesarnya cuma satu, ingin punya fiksi laris.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×