Health

14 Fakta Menarik Tentang Tubuh Manusia Yang Jarang Diketahui Orang

14 Fakta Menarik Tentang Tubuh Manusia

Menurut pemahaman secara luas, setiap manusia itu perlu untuk mengenal tubuhnya sendiri. Salah satunya, kita harus mengenal kemampuan fisik kita. Terlebih lagi kalo kita udah ngalamin  gejala-gejala bakalan sakit. Kita perlu untuk mengenal tubuh kita sendiri, supaya bisa mencegah hal-hal yang bisa bikin kita berbaring lemah.

Tapi, bukan cuma itu doang yang perlu kita tahu tentang tubuh kita. Pasalnya, ada banyak fakta lain tentang tubuh manusia yang mungkin belum kita ketahui selama ini. Dan mungkin juga, kita nggak nyangka dengan keberadaan fakta tersebut.

Ini dia, 14 fakta menarik tentang tubuh manusia yang jarang diketahui orang.

1. Jumlah bakteri di dalam mulut kita itu ternyata hampir setara dengan jumlah manusia yang tinggal di muka bumi ini. Bahkan, bisa lebih.

2. Sehelai rambut kita rupanya bisa dipakai untuk menggantung sebuah apel. Sayangnya, para ilmuwan nggak memerinci ukuran apelnya segede apa. Mungkin, sebesar apel malang.

3. Dalam satu hari, kita bisa memproduksi sekitar 600 mililiter air ludah. Wih, seukuran botol air mineral yang standar tuh.

4. Sama kayak sidik jari, sidik lidah manusia itu juga unik dan berbeda-beda setiap orang.

https://1.bp.blogspot.com/-nrHuB-4HfCg/WC7sdEJjI7I/AAAAAAAABJg/Ns2BuyOMHSwrC9EysZc1jBFeL_KERoi2ACLcB/s1600/Lidah.jpg
Lidah orang ini kenapa panjang betul, ya? Ooh, ternyata dia salah satu orang yang memiliki lidah terpanjang di dunia.

5. Kecepatan munculnya rangsangan di otak kita itu mencapai 400 km/jam.

6. Selama satu hari, darah kita rupanya mengalir sejauh 19,312 kilometer.

7. Panjang seluruh syaraf di tubuh kita, kalau ditotal-total, bisa mencapai 75 kilometer!

8. Dalam satu hari, kita bisa bernapas sebanyak 20,000 kali!

https://4.bp.blogspot.com/-AfmHyvsRQEU/WC7rUvK0srI/AAAAAAAABJY/UR5LE4oWcMsndKqOJ2F3RU4QLUXCDXWUQCLcB/s1600/napas.jpg
Manusia bernapas 20,000 kali dalam sehari

9. Mata manusia dapat membedakan hingga 10 juta warna berbeda. Tapi sayangnya, otak kita nggak bisa mengingat semua warna itu.

10. Selama satu tahun, jantung kita berdetak sebanyak 35 juta kali.

https://1.bp.blogspot.com/-gT1s6K6S-ik/WC7rU4wb6iI/AAAAAAAABJc/1wFdJxaoPa4UurcEMwKaosnNcDuKKqvWACLcB/s1600/Struktur%2BJantung.jpg
Struktur jantung kita.

11. Setiap hari, tubuh kita kehilangan sekitar 1 juta sel kulit. Kalau ditotal-total, dalam setahun, jumlah sel kulit kita yang hilang itu memiliki berat mencapai 2 kilogram.

12. Rata-rata, jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang sepanjang masa hidupnya adalah sekitar 35 ton.

13. Dalam satu detik, terdapat sekitar 100,000 reaksi kimia di otak manusia. Wih, banyak juga.

14. Kecepatan bersin seorang manusia itu mencapai 160 km/jam, lho!

Jeanett Verica

Penyuka kulineran dan ketagihan jalan-jalan gratis. Lulusan Sastra Prancis yang tergoda merintis karir jadi jurnalis. Mimpi terbesarnya cuma satu, ingin punya fiksi laris.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×