10 Langkah Untuk Menjadi Anak Muda Generasi Z Yang Penuh Faedah.

  • Senin, 8 Januari 2018 14:30 WIB

10 Anak Muda yang Hidupnya Nggak Biasa, Tapi Dapat Dicontoh Karena Bisa Bikin Kaya

HAI-online.com - Apakah kamu lahir di tahun 90-an hingga pertengahan 2000-an? Selamat! Kamu termasuk dari generasi Z, lho! Seperti yang kita tahu nih, berbagai tantangan yang harus dihadapi akan masa depan bagi para generasi Z tentu nggak mudah.

Untuk mempersiapkan itu semua, HAI punya tips nih mengenai kemampuan apa saja yang perlu kamu persiapkan menurut Rezha Bayu Oktavian, Business Development Youth Manual pada sesi ‘The Future of Gen Z’, Indonesian Youth Conference (IYC) 2017, Cilandak Town Square, Sabtu (16/12/2017).

1. Kenali Diri Sendiri

Ini penting banget untuk mengetahui hal apa yang kamu sukai, apa passion kamu, dan lain-lainnya. Pokoknya, kamu harus mengetahui seperti apa sih sebenarnya karakteristik kamu itu.

2. Kegigihan dalam Menghadapi Berbagai Masalah

Tentu dalam setiap perjalanan pasti akan menemukan masalah. Nah, disinilah kegigihan diperlukan.

3. Mengetahui Banyak Hal atau Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Di era globalisasi seperti ini, pastinya dituntut dong untuk memiliki wawasan yang luas. Oleh karena itu, mulailah untuk sering membaca buku dan mengikuti perkembangan apa yang sedang terjadi (up to date).

4. Kemampuan Berkomunikasi

Hal ini meliputi kemampuan mendengar, menulis, dan memahami orang lain. Tentunya, setiap orang pasti harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dong ya!

5. Kemampuan Untuk Menggunakan dan Membuat Konten Berbasis Internet

Dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih, pastinya kamu pun dituntut untuk dapat menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik, tentunya dalam hal yang positif.

6. Kolaborasi

Percaya deh, dengan kamu berkolaborasi dalam membuat sesuatu (inovasi baru) pasti hasilnya akan lebih ‘luar biasa’ dan manfaat yang dihasilkan pun lebih besar dibandingkan jika kamu melakukannya sendiri.

7. Berpikir Kritis dan Mampu Memecahkan Masalah dengan Baik

Yap, penting banget dua hal ini untuk kamu miliki. Berpikir kritis berguna agar kamu tidak mudah percaya mengenai suatu kejadian yang belum jelas kebenarannya dan kemampuan memecahkan masalah dengan baik berguna agar setiap tindakan yang kamu lakukan tidak terburu-buru atau tidak salah langkah.

8. Berinovasi

Inovasi diperlukan agar menciptakan sesuatu yang baru dan memberikan banyak manfaat untuk orang banyak yang mungkin dengan adanya inovasi tersebut dapat memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi.

9. Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Dengan kamu peka terhadap lingkungan sekitar maka kamu mengetahui permasalahan apa yang sedang terjadi pada lingkunganmu.

10. Kepemimpinan (Leadership)

Dengan kamu memiliki jiwa kepemimpinan maka kamu akan mudah mengenali diri sendiri, mudah berkomunikasi dengan orang lain dan mampu bekerja secara berkelompok (tim) serta taat akan peraturan yang berlaku.                     

Setelah kamu mengetahui itu semua, maka kemampuan apa nih yang sudah kamu miliki? Yuk, mulai sekarang kita asah kemampuan yang sudah atau belum kita miliki agar semakin berkembang untuk mempersiapkan masa depan!

 (Penulis : Kalika Diah P.M)

Reporter : HAI Internship
Editor : Rizki Ramadan

Tags :

#gen z #hakiki

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×