Ini Alasan Ilmiah Kenapa Lo Ngerasa ‘Jatuh’ Saat Lagi Tidur

  • Rabu, 13 September 2017 15:33 WIB

Sensasi terjatuh saat tidur | .

Bisa dibilang, tidur adalah salah satu ritual yang paling disukai banyak orang. Wajar, dengan tidur, kita bisa melupakan masalah sejenak, atau sekitar ngelemesin badan yang seharian udah ngelakuin banyak aktivitas.

Tapi, pas lagi tidur, pernah nggak, sih, lo ngerasa tiba-tiba kayak jatuh dari ketinggian?

Well, dilansir dari Brightside, sensasi terjatuh, dilemparkan, sampai terhempas dari kekosongan ternyata merupakan siklus dalam proses tidur.

Nah, saat tidur, kita bakal memasuki empat tahap. Perasaan jatuh itu, masuk ke dalam tahap kedua yang dalam dunia medis disebut NREM. Hal ini biasanya terjadi secara alami saat otot tubuh mulai rileks pengen tidur. Namun, tiba-tiba otak kita merespon seperti berjaga bertindak seakan kita bakal jatuh.

Efeknya, otot di tubuh bakal jadi tegang, terus kita bakal kaget dan terbangun karena pengen jatuh.

Nggak berhenti sampai di situ. Nggak sedikit juga orang yang pernah ngerasain sensasi kesetrum ringan saat bangun tidur. Biasanya, nih, sensasi ini dirasain saat kita ngerasa capek banget dan tegang dalam menjalani aktivitas, punya kebiasaan tidur yang nggak teratur ,sampai sering merasa cemas.

Tapi tenang, hal itu nggak punya efek samping bahaya buat kesehatan, kok. Jadi, kalau tiba-tiba ngerasain sensasi itu lagi, tarik napas dalam-dalam, coba buat bersantai dan kembali tidur.

 

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×