Jangan Takut Dibilang Cengeng, Karena Menangis Saat Nonton Film Justru Menyehatkan Mental Kita

  • Kamis, 12 Oktober 2017 15:30 WIB

Nangis kalo lagi nangis jadinya gimana ya?

HAI-ONLINE.COM, Oklahoma - Banyak cowok beranggapan, menangis ketika menonton film adalah hal yang sangat menjijikan. Alasannya jelas, mereka nggak mau dianggap sebagai lelaki cengeng. Kalo pun udah terlanjur sedih, ya sebisa mungkin mereka akan menahan cucuran air mata.
 
Nah, bagi yang berpegang kuat pada prinsip tadi, nampaknya kalian harus segera ngeliat penelitian berikut ini nih. Para peneliti dari University of Oklahoma menyebutkan, mengeluarkan ekspresi emosional saat menonton film, seperti menangis, ternyata bermanfaat banget untuk menjaga kesehatan mental.
 
Secara lebih detail, hal ini dapat membantu kalian dalam mengurangi tingkat stres. Merasa terhubung dengan karakter-karakter yang ada di sebuah film, nyatanya akan meningkatkan kecerdasan emosional sekaligus menghindarkan sesorang dari rasa kesepian.
Cek deh: Kocaknya Netizen Indonesia, Marah Cendol Diakui Malaysia, Tapi Minumnya Malah Bubble Tea Thailand

undefined
Cowok nangis

“Hal yang menarik adalah bahwa otak kita tidak benar-benar dibangun untuk membedakan antara hubungan nyata atau fiksi. Jadi, rasa persahabatan terhadap karakter dalam dunia film yang Anda miliki dapat memberikan manfaat juga dalam dunia nyata,” ujar Jennifer Barnes, Asisten Profesor Psikologi di University of Oklahoma.
 
Penelitian ini sendiri dilakukan terhadap dua kelompok peserta dengan masing-masing kondisi yang berbeda. Kelompok pertama dikondisikan memiliki film favorit, sementara kelompok lainnya nggak.
 
Hasilnya pun menunjukan perbedaan yang mencolok. Kelompok yang memiliki film favorit terlihat lebih mampu mengenali emosi orang lain ketimbang kelompok satunya.
 
Jadi, setelah melihat penjelasan di atas, kayaknya nggak perlu lagi deh malu-malu untuk menangis saat menonton film yang benar-benar menyentuh perasaan kalian. (Tomy)

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×