Cewek Ternyata Cari Pacar yang Mirip Ayah Mereka, Tapi Bukan Berarti Kamu Harus Bergaya Kayak Bokap-bokap

  • Rabu, 7 Februari 2018 11:00 WIB

Malia dan ayahnya, Barack Obama. | PopSugar

HAI-ONLINE.COM - Teori yang lama beredar, resmi nggak resmi, cewek cenderung tertarik dan jatuh cinta dengan seorang cowok yang mirip dengan ayah mereka, baik secara fisik serta kepribadian.

Menurut Dr Judith Wright dari Illonis, Chicago, menjelaskan bahwa banyak cewek mengalami pre-sexual programming yang terjadi saat usia masih muda. Pasalnya, anak-anak melihat dan memahami hubungan antarmanusia dari orangtua masing-masing.

Rasa ingin memiliki pasangan seperti ayah, biasanya terjadi pada cewek yang semasa kecil diasuh oleh ayah yang penyayang.

Kondisi itu juga terlihat pada cewek yang memiliki ayah kurang peduli pada anak. Sebab, cewek memiliki harapan untuk bisa memperbaiki apa yang rusak di masa kecil dengan membimbing pasangan cowok jadi lebih baik.

Cek deh: 5 Iklan Tersembunyi yang Kreativitasnya Bakal Bikin Kamu Nggak Nyangka

“kamu mungkin berpikir, kamu berpasangan dengan cowok yang sama sekali nggak mirip dengan ayah kamu, tetapi secara nggak sadar pikiran kamu akan terus mencari kenyamanan yang pernah kamu rasakan di masa kecil,” jelas Wright.

Lalu, Dr Wright mengatakan bahwa dia pernah memiliki klien yang hanya mau berkencan dengan cowok kaya. Pilihannya itu merupakan sikap berontak kepada ayahnya yang dulu nggak memiliki cukup uang untuk jadikan kehidupan lebih mudah.

Kebanyakan, faktor memilih pasangan hidup dalam kehidupan cewek nggak selalu berkaitan dengan materi. Masa kecil dan latar belakang yang mengawali proses pendewasaan adalah pertimbangan dasar cewek dalam memilih pasangan.

Seorang profesor psikolog dari Colorado State University dan rekan penulis The Science of Relationship, Jennifer Harman, mengonfirmasi penjabaran Dr Wright.

Harmann mengatakan bahwa cewek memilih pasangan mirip dengan ayah mereka bisa jadi merupakan dinamika yang sehat dan menenangkan.

“Kalo ada seseorang yang nggak menghargai diri sendiri karena pola asuh orangtua, mereka akan mencari hubungan dengan seseorang yang membuat mereka semakin nggak menghargai diri sendiri,” ujar Harmann.

Dr Wright menambahkan bahwa cewek yang nggak memiliki seorang panutan semasa kecil, biasanya cenderung mencari pasangan dengan usia yang jauh lebih tua. Kondisi itu dikarenakan mereka ingin mencari kasih sayang, hubungan yang stabil, kekuatan, dan figur ayah dalam kehidupan mereka.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Wanita Cari Pasangan dengan Kepribadian Mirip Ayah Tersayang"

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×