Follow Us

5 Daftar Lagu yang Jadi Biang Kerok Terciptanya Istilah 'Anak Senja'

Mohammad Farras Fauzi - Jumat, 14 Mei 2021 | 13:00
Fourtwnty
Fourtwnty Music

Fourtwnty

HAI-ONLINE.COM - Bagi sebagian besar orang, sore hari merupakan momen yang dapat menjadi momen menegangkan - tentu saja karena riuh kemacetan lalu lintas - sekaligus menenangkan.

Pilihan yang kedua menjadi sebuah ramuan rahasia untuk para penikmat matahari terbenam yang kerap meromantisasi momen dengan musik yang pelan dan juga menenangkan. Umumnya berasal dari petikan gitar akustik, alunan musik yang ringan dan lembut ini sebenarnya juga nggak harus kalian dengarkan di sore hari aja.

Entah apa dan bagaimana yang pertama kali mempopulerkan susunan lagu seperti ini dengan istilah senja - hingga bahkan indie - sungguh nggak visioner. Bayangkan kalo ada seorang dari Lithuania ingin mendengarkan lagu 'Zona Nyaman' dari Fourtwnty di musim dingin yang gelap gulita, tentu masih sah dan nggak menghilangkan makna tersirat dari lagu tersebut, kan?

Balik lagi sih, interpretasi makna lagu memang bergantung pada penilain pribadi masing-masing pendengar, dan itu juga masih sah untuk dilakukan oleh siapapun.

Baca Juga: 5 Lagu Indonesia Legendaris yang Paling Sering Diputar di Tongkrongan

Maka dari itu, HAI coba membedah 5 daftar lagu dari para musisi visioner yang dirasa cukup menjadi penanggung jawab bagaimana istilah "anak senja" dapat muncul dan menjadi populer di kalangan anak muda.

Fourtwnty - Zona Nyaman

Fourtwnty
Fourtwnty Music

Fourtwnty

Lagu pertama yang wajib masuk dalam daftar ini tentu datang dari grup yang dalam setengah dekade menjadi sangat terkenal Indonesia, Fourtwnty.

Lagu 'Zona Nyaman' merupakan salah satu soundtrack dari film Filosofi Kopi 2 yang sekaligus membuat nama grup band asal Jakarta tersebut kian dikenal oleh banyak orang.

Payung Teduh - Menuju Senja

Payung Teduh
HAI

Payung Teduh

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest