Follow Us

WOTA itu Lebih dari Otaku!

- Kamis, 25 April 2013 | 13:00
WOTA itu Lebih dari Otaku
Hai Online

WOTA itu Lebih dari Otaku

Jika mengaku sebagai salah satu fans idol, nggak ada salahnya dan alangkah baiknya kalau mengenal dasar-dasar menjadi seorang fans. Biar ketika sudah menjadi bagian itu, kita pun jadi lebih mengerti dan berarti. Hehehe

Banyak orang yang nggak tahu dan menganggap Wota itu nama Fans JKT48. Wota itu sebenernya asal katanya dari Otaku, dulu artinya berkonotasi negatif, sering digambarkan sebagai orang anti-sosial yang nggak pernah keluar rumah, tapi seiring waktu konotasinya berubah dan "Otaku" ditulis sebagai Wotaku (dibaca "Ootaku") untuk membedakan dari konotasi Otaku yang dulu.

HAI pernah menulis, bahwa Wota adalah sebutan untuk para idol otaku tadi, yang asal katanya dari otaku. Tapi karena mereka (fans idol) ingin membuat perbedaan dengan Otaku biasa, mereka mengubah menjadi wota. Wota ini adalah sebutan untuk fans-fans yang memiliki dedikasi tinggi para idola mereka.

Seorang Wota

Karena wota ini sifatnya cultural, maka susah untuk bisa mengklasifikasikan fans secara akurat. Jadi yang bisa menentukan seseorang itu wota atau nggak hanya diri sendiri. Jangan percaya penilaian orang lain dan juga jangan menilai orang lain. Yang tahu seberapa besar dukungan seseorang terhadap Idolanya hanya orang itu sendiri. Kalau memang perasaan itu sudah masuk dalam tingkat wota maka orang itu seorang wota.

Pada dasarnya Fans atau Wota tujuannya sama, mensupport Idolanya, jadi jangan berhenti dukung grup Idol yang kalian suka. Walaupun ada wota bukan berarti pendukung suatu grup idol itu 100% wota. Sebagai sesama penggemar kita harus co-exist dan saling menghormati.

Terus Nama fans JKT48 apa?

Untuk grup idol ini, pada umumnya ngga ada nama khusus untuk fans. Fans ya 'fans'. Karena itu fans JKT48 ya disebut 'fans'. Wota pun kalau diartikan secara dasar ya 'fans' juga.

Tetapi hai pernah menggelar polling dan bisa mencirikan sedikit jenis-jenis dan tingkatan fans JKT48. Dari yang Pendengar Setia JKT48, Fans Beratnya, Die Hard Fans!, sampai Fans Kelas Menengah, dan terakhir,Fans Biasa Saja.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest