5 Sejarah Yang Kita Percaya Tapi Ternyata Bukan Fakta Sebenarnya

  • Kamis, 7 Desember 2017 09:00 WIB

Stonehenge | brightside.me

HAI-online.com - Kita belajar sejarah dari buku pelajaran di sekolah, cerita dari guru, atau pengetahuan yang tersebar di internet. Nah, pengetahuan kita akan sejarah bisa berubah seiring dengan penemuan-penemuan fakta baru. Inilah 5 di antaranya, sejarah yang kita anggap benar, tahunya bukan seperti itu yang terjadi. 

(BACA: Terungkap! Foto-Foto Asli Kecelakaan Titanic di Tahun 1928)

1. Napoleon dan hidung Sphinx

The Great Sphinx di Giza dikenal karena hidungnya yang hilang. Menurut legenda, tentara Napoleon menghancurkan bagian tubuh ini selama pertempuran dengan Turki pada tahun 1798.

Namun wisatawan Denmark, Frederic Norden menuliskan catatan, jika pada 1737 bagian hidung itu sudah hilang dan cerita Napoleon hanya kebohongan belaka.

2. Van Gogh dan telinganya

Kisah Van Gogh yang diduga memotong telinganya dan mengirimkannya ke pasangannya terbilang cukup berlebihan. Kenyataannya, semuanya terjadi setelah konflik dengan temannya, Paul Gauguin saat Van Gogh menyerangnya dengan pisau cukur.

Sebagai bentuk penyesalan (atau, menurut beberapa peneliti, kegilaan), Vincent memotong lobus telinganya pada malam yang sama.

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×