Ini Kode-kode Touring Penting yang Wajib Diketahui Para Riders

  • Kamis, 12 Oktober 2017 16:00 WIB

Kode Touring Motor | .

HAI-ONLINE.COM – Bukan kode rahasia atau sandi morse kayak anak Pramuka, para pemotor yang sering malang melintang di dunia turing juga punya kodenya sendiri. Penasaran seperti apa kode dan maknanya? Ini dia….

Jalan Dua Baris

Vorijder (pemberi tanda) akan mengacungkan dua jari. Tanda ini berarti rombongan harus membuat iring-iringan menjadi dua baris. Biasanya dilakukan saat lalu lintas sedang sepi. Nah, saat lalu lintas kembali ramai, vorijder akan mengacungkan satu jari, yakni untuk kembali membentuk satu barisan.

Berbelok

Vorijder akan mengarahkan tangannya ke arah kanan atau kiri, tergantung ke arah mana rombongan akan berbelok.

Menghindari Halangan

Saat kita melihat vorijder menurunkan kaki kiri atau kanannya, itu pertanda ada halangan di tempat ia menurunkan kaki. Kalau menurunkan satu kaki, biasanya hambatan berupa lubang, jalan rusak, atau pembatas jalan yang membahayakan. Kalau ia menurunkan dua kaki, tandanya kita harus bersiap untuk melewati halangan seperti perbatasan jembatan atau rel kereta api.

Baris Zig Zag

Kodenya, vorijder akan mengangkat tangan sambil mengacungkan jari telunjuk dan kelingking. Tujuannya agar rombongan berbaris dengan posisi zig zag.

Kurangi Kecepatan

Kalau kita melihat si pemberi tanda mengayunkan tangan kirinya secara perlahan ke atas dan ke bawah, tandanya kita harus siap untuk menurunkan kecepatan motor.

Mendahului

Tandanya mirip kayak kode untuk mengurangi kecepatan. Bedanya, si pemberi tanda akan mengayunkan tangan kirinya ke depan dan ke belakang. tujuannya agar pemotor di belakang kita dipersilakan untuk mendahului.

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×