Follow Us

Bukan Cuma Aksesoris, Ini Fungsi Utama Jalu Setang Buat Motor Lo

Dok Grid - Selasa, 19 Maret 2024 | 10:40
Jalu setang punya fungsi yang penting lho, sob.
Fadhliansyah/Grid Oto

Jalu setang punya fungsi yang penting lho, sob.

HAI-Online.com – Sebagian besar sepeda motor dilengkapi dengan stabilizer pada bagian ujung setang, atau yang biasa disebut dengan jalu setang.

Eits, tapi kalian tahu atau nggak, sih sebenarnya fungsi dari jalu setang yang ada di motor kalian?

Walaupun terkesan sederhana dan sering dianggap cuma aksesoris, jalu setang punya ternyata fungsi yang cukup penting lho, khususnya buat keselamatan.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, jalu setang berfungsi meminimalisir kerusakan, baik bodi hingga tuas rem atau kopling saat terjatuh.

“Stabilizer setang ini akan menjadi tumpuan saat motor terjatuh, jadi tuas gas nggak tertarik atau tertahan saat motor dalam posisi terjatuh,” katanya kepada Kompas.com, baru-baru ini.

Baca Juga: Inilah Dampak Kebiasaan Isi Tangki Bensin Motor Kurang dari Setengah

Namun sayangnya, nggak banyak pemilik motor yang paham fungsi salah satu parts motor ini. Sehingga kadang mereka justru melepasnya agar lebih ringkas, atau bahkan saat mengganti setang, stabilizer-nya dicopot.

Padahal stabilizer sangat membantu keselamatan berkendara.

Di samping meminimalisir kerusakan saat motor terjatuh, jalu setang juga berfungsi untuk menjaga kestabilan kemudi setang akibat getaran dari jalan.

“Selain itu, stabilizer juga berfungsi untuk meredam getaran setang kemudi dan mengurangi dampak pada motor saat kecelakaan,” jelasnya.

Jadi, jangan asal modif jalu setang di motor kalian ya, sob. Apalagi sampai dilepas, karena jalu setang memang didesain buat keselamatan berkendara. (*)

Baca Juga: Jangan Keliru Lagi, Behel Motor Punya 4 Fungsi Utama tapi Bukan Buat Pegangan Penumpang Ya!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular