Follow Us

Waspada, 6 Part Motor Ini Gampang Banget Kena Karat Saat Musim Hujan!

Dok Grid - Rabu, 17 April 2024 | 14:05
5 Tips Memilih Jas Hujan
Hai Online

5 Tips Memilih Jas Hujan

HAI-ONLINE.COM – Ngurusin motor kesayangan, tuh, nggak beda jauh sama kayak ngurusin pacar. Keduanya sama-sama butuh perhatian, jek.

Intinya, kita harus memberikan sedikit waktu kita untuk memperhatikan kendaraan kesayangan. Apa lagi setelah si motor ini habis melakukan kerja keras kayak menerjang hujan, atau bahkan banjir di musim penghujan. Perhatian ekstra jadi hal paling logis biar si doi nggak ngambek.

“Sehabis menerjang hujan atau bahkan banjir, kendaran bakal kotor. Nah, sebisa mungkin, kita harus membersihkannya supaya umur part bisa lebih lama,” ujar Pak Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Cznsulting (JDDC).

Nggak salah, sih, Pak Jusri ngomong kayak gitu. Soalnya, hujan dan banjir bukan sekedar perkara motor jadi kotor saja. Ada yang lebih berbahaya. Yap, air hujan punya tingkat asam tinggi yang bisa berakibat pada munculnya korosi atau karat. Bahkan, cuaca yang cenderung lembab akan menimbulkan jamur di beberapa tempat. Duh!

Nggak usah muluk-muluk, deh, guys. Coba aja kita mulai dari perhatian kecil yang bisa kita kasih kayak perhatiin beberapa bagian penting di kendaraan kita. Dijamin, hubungan kita dengan si doi bakalan awet.

Well, kita perlu waspada, nih, soalnya, 6 part motor ini gampang banget kena karat saat musim hujan.

1. Rantai

Bagian yang satu ini jadi salah satu bagian yang kerap bersentuhan langsung dengan air. Efeknya jelas, kalau kita lalai, si rantai bakal dengan mudah terkena karat. Akibatnya juga bermacam-macam, nggak cuma bikin laju kendaraan jadi lambat, parahnya, kondisi ini bisa mengakibatkan rantai putus di tengah jalan.

“Bagian-bagian yang bergerak seperti rantai, harus kita kasih pelumas. Kasih kayak gemuk gitu, deh. Biar nggak seret dan umurnya juga awet,” tambah Jusri.

2. Rem

Biasanya, sehabis kita menerobos genangan air yang cukup tinggi, rem jadi nggak terlalu berfungsi dengan baik. Pak Jusri menambahkan bahwa ada baiknya kita harus memeriksa kondisi rem sebelum kembali dibawa riding. Satu lagi, setelah menerjang banjir, partikel kecil kayak pasir bakal bersarang di bagian ini. Periksa dan bersihkan biar laju motor nggak terhambat.

3. Knalpot

Bagian ini jadi salah satu yang paling rawan terhadap serangan karat. Leher knalpot jadi tempat favorit bersarangnya karat akibat cipratan atau saat terendam genangan air. Akibatnya, kalau dibiarkan, knalpot akan bolong dan mengakibatkan performa motor jadi menurun.

“Ini bagian yang panas. Nah, pas kena air, akan ada perubahan suhu dadakan yang bikin muncul karat. Pencegahannya sih jangan dibiarin terlalu lama kotor kena ujan, cuci aja. kalau udah kena karat, bisa disikat pake sikat kawat, sih,” ujar Ronald, owner dari JMV Speedshop.

4. Rangka Motor

Ini bagian yang nggak terlalu sering diperhatikan kita saat mencuci motor. Wajar, tempatnya yang tertutup bodi memang menyulitkan kita untuk membersihkannya. Namun, jangan dibiarkan. Air hujan atau air cucian motor yang terperangkap akan membuat rangka berkarat, jek!

5. Standar Tengah dan Samping

“Bagian standar ini karena letaknya di bawah, sering banget kena cipratan air. intinya, sih, sering-sering dicuci aja. Terus, lap sampai kering biar nggak mengendap dan jadi karat,” lanjut Ronald.

6. Swing Arm

Si lengan ayun memang jadi makanan empuk buat karat. Maklum, posisinya yang berdekatan dengan spatbor membuatnya kerap terkena cipratan langsung. Nah, jangan sepelekan hal tersebut. Nggak menutup kemungkinan swing arm yang bengkok atau bahkan patah akibat karat malah akan membahayakan kita.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest