Follow Us

Bocor Mulu, Ini 4 Tanda Ban Motor Kalian Sebaiknya Diganti

Dok Grid - Kamis, 07 Maret 2024 | 13:30
Ilustrasi ngecek tekanan ban motor.
Dok. DAM

Ilustrasi ngecek tekanan ban motor.

HAI-Online.com – Ban menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor. Kondisi ban pun dapat mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Karena itu, penting nih buat merhatiin kondisi ban motor lo. Ban motor sendiri dibagi menjadi dua jenis: Tube type dan Tubeless.

Tube type adalah ban yang masih menggunakan ban dalam. Kelebihan ban ini adalah bisa digunakan pada berbagai macam jenis pelek, baik Cast Wheel (CW) atau Spoke Wheel (SW).

Sedangkan Tubeless adalah jenis ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban jenis ini nggak bisa langsung menggunakan pelek SW atau jari-jari, butuh semacam perekat untuk menutup celah pada jari-jari tersebut.

Kondisi ban yang sudah aus dapat menyebabkan daya cengkram yang kurang maksimal, sehingga akan mengganggu perjalanan. Bahkan, nggak hanya membahayakan diri sendiri tapi juga orang lain.

Disarankan agar ban sepeda motor nggak cepat aus dan rusak, maka perlu memperhatikan beberapa poin.

Baca Juga: Knalpot Motor Lo Ngeluarin Air saat Dipanasin? Nggak Perlu Panik, Ini Penjelasannya

Simak nih beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan kendaraan tetap aman dan nyaman:

1. Ban udah aus

Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI, maka sangat disarankan untuk segera diganti.

“Karena ini akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara, sehingga menghindari potensi risiko kecelakaan di jalan raya,” ujar Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, dalam keterangan resminya.

2. Udah melebihi jarak batas pemakaian

Ban sepeda motor terbuat dari bahan karet yang elastis. Sebaiknya, jika sudah mencapai batas pemakaian 12.000 km segera ganti ban dengan yang baru.

Namun angka tersebut bukan angka yang pasti, karena usia ban akan dipengaruhi dengan kondisi medan jalan yang dilalui, berat muatan, hingga cara pemakaian sehari-hari.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular