Follow Us

Teknik Aman Hadapi Lubang di Jalan saat Berkendara Motor!

Dok Grid - Kamis, 07 Maret 2024 | 13:24
Usahain jangan ngerem mendadak saat ketemu lubang jalanan ya, sob.
M. Zaenuddin/Kompas.com

Usahain jangan ngerem mendadak saat ketemu lubang jalanan ya, sob.

HAI-Online.com – Ketemu lubang jalan pas lagi berkendara emang jadi hal yang nyebelin ya, sob.

Gimana nggak, selain bisa bikin rusak motor, lubang jalan juga berbahaya karena berisiko mengakibatkan kecelakaan.

Jadi, nggak sedikit pengendara motor yang berusaha bermanuver dan menghindari jika melihat ada lubang. Meski tujuannya bisa dimengerti, ada baiknya kalian tetap waspada dengan pengendara lain yang berada di belakangnya.

Terkait hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, saat melihat lubang, usahakan jangan melakukan pengereman mendadak atau pindah jalur.

“Misalkan kecepatan kita tinggi kemudian kaget melihat di depan ada lubang usahakan tidak ngerem mendadak atau pindah lajur,” jelas Agus kepada Kompas, Jumat (9/7/2021) kemarin.

Baca Juga: Hati-hati Salah Duduk, Begini Cara Berboncengan Motor yang Benar

“Jangan sampai waktu mengerem, kita aman tapi yang belakang tidak siap malah menabrak kita atau jauh karena kaget,” imbuh dia.

Ia mengungkapkan, nggak sedikit pengendara di belakang yang jatuh karena kaget atau bahkan menabrak pengendara yang melakukan pengereman mendadak.

Untuk itu, ia menyarankan jika melihat lubang dan kondisi di jalan sedang ramai maka lebih baik hajar saja daripada mengerem atau menghindari lubang.

“Lubang di jalan biasanya masih bisa dilewati, tidak dalam (seperti offroad), kita terjang saja lubangnya. Itu akan lebih efektif dan lubang dibandingkan menghindari lubang,” paparnya.

Namun demikian, menurut Agus, saat melewati jalan yang berlubang ada tekniknya tersendiri, agar motor yang dikendarai tetap terjaga keseimbangannya, yakni dengan menaikan sedikit bokong dan mempertegak pundak.

"Sama seperti teknik yang digunakan motocross," pungkas Agus.

Nah, tuh sob, ternyata menghadapi lubang jalanan itu ternyata ada tekniknya tersendiri, ya.(*)

Baca Juga: Jangan Ngasal, Ini 8 Tips Aman Bawa Barang Bawaan Pake Motor

Source : Kompas.com

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular