Jangan Salah Perhitungan, Begini Cara Menyalip Truk di Jalan!

  • Sabtu, 3 Februari 2018 17:00 WIB

Tulisan Legend yang Pasti Ada di Belakang Truk

HAI-ONLINE.COM – Nggak ada yang lebih menyebalkan dari pada berkendara di belakang kendaraan besar kayak bus, atau truk. Alasannya banyak banget. Mulai dari jalan yang nggak kelihatan, ‘disembur’ asap knalpot, sampai terkena paparan debu yang dihasilkan kendaraan itu sendiri. Duh, males banget!

Efek yang dihasilkan juga bermacam-macam. Yang pasti, sebisa dan secepat mungkin, kita jadi pengen nyalip itu kendaraan besar. Tapi, jangan asal nyalip. Soalnya, tanpa perhitungan yang matang, nggak jarang kalau aksi tersebut berakhir dengan kecelakaan, dan nggak sedikit juga yang berujung fatal.

TRAGIS BANGET: Kisah 5 Klub dan Timnas Sepak Bola yang Mengalami Kecelakaan Pesawat 

“Kita nggak boleh asal main salip saja. Soalnya, mobil besar membuat daya jangkau pengemudinya terbatas,” ujar Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Biar nggak berujung fatal, mendingan perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini.

Jangan Kelamaan

"Perlu diingat, ketika kita sudah dalam proses menyalip, usahakan secepat mungkin melewati kendaraan yang disalip. Jika kelamaan berdampingan, pasti tau akibatnya. Apalagi kendaraan dari lawan arah makin dekat. Makanya, kecepatan kita dengan kendaraan yang akan disalip harus melebihi 10-20 km/jam," imbuh pria yang sudah menggeluti dunia safety riding dan safety driving selama 30 tahun ini.

Bahaya Jalan Rusak

Truk atau bus merupakan kendaraan panjang. Untuk mendahuluinya, kita membutuhkan  jalan kosong yang panjang juga. Oh ya, perhatikan juga kondisi jalannya. Jangan sekali-kali menyalip kendaraan ini dalam keadaan jalan rusak. Fatal akibatnya. Kita bisa kehilangan keseimbangan, terjatuh, bahkan nggak menutup kemungkinan bisa terlindas!

Perhatikan Tandanya

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×