Follow Us

Ngefans Berat sama KLa Project, Ahmad Dhani: Lagunya ‘New Wave’ Banget di Zamannya

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 01 September 2021 | 20:33
Ahmad Dhani saat menerima penghargaan dari KLa Project dalam launching album ‘A Tribute To KLa Project’ pada 2011 lalu.
Agus Apriyanto/ANTARA

Ahmad Dhani saat menerima penghargaan dari KLa Project dalam launching album ‘A Tribute To KLa Project’ pada 2011 lalu.

HAI-Online.com – Jika Slank dianggap Ahmad Dhani sebagai band ngasih spirit dirinya untuk membentuk band, maka KLa Project adalah band yang berhasil membuat Dewa 19 jadi ‘mewah’.

Dalam vlog-nya di channel YouTube Video Legend, Dhani mengungkapkan bahwa influence dari keduanya emang punya wujud yang berbeda.

“Itu berbeda antara Slank dan KLa. Saya mengambil inspirasi semangat dari Slank, semangat musik rock, dan saya mengambil sofistikasi dan keindahan serta seni daripada KLa,” beber Dhani.

Ia sendiri pertama mengenal musik dari band yang dibentuk Katon Bagaskara, Lilo dan Adi Adrian pada 1988 tersebut saat dirinya baru duduk di kelas 1 SMA. Lagu KLa yang menjadi hits saat itu, ‘Tentang Kita’ dinilai Dhani udah new wave banget di tahun 1988.

“Lagunya memang saat itu kekinian banget. Lagu ‘Tentang Kita’ adalah sebuah lagu yang benar-benar modern banget. Waktu itu tahun ‘88 saat Indonesia lagunya mellow-mellow banget, ada lagu new wave,” kenang dia.

Baca Juga: Sebut Ahmad Dhani Jenius, Ari Lasso: Dhani Ciptain Lagu Itu Benar-benar dengan Membayangkan Suara Gue

Di luar perkiraannya, lagu new wave yang diusung KLa bisa sukses di industri musik Tanah Air—sebuah pencapaian yang memacu Dhani dengan Dewa 19-nya untuk bisa sejajar dengan mereka.

“Nggak nyangka lagu tentang kita bisa sukses ternyata. Mungkin di Surabaya saat itu nggak seberapa sukses karena waktu itu orang Surabaya agak telat seleranya. Karena lagu itu terlalu new wave untuk Surabaya,” tutur pentolan Dewa 19 tersebut.

Setelah Dhani membentuk Dewa 19, rasa kagumnya kepada KLa semakin besar. Ia mengaku mulai menjadi fans berat mereka setelah dirinya menggarap album pertama dan kedua Dewa 19.

“Saya banyak belajar dari KLa soal gimana cara membuat aransemen yang baik, mengisi backing vocal, memberikan instrumen yang memperkaya aransemen sebuah lagu,” ungkapnya.

Baca Juga: Fariz RM Jadi Inspirasi Ahmad Dhani: Zaman Itu, Kalo Nggak Jenius Banget Nggak Rekaman

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest