Follow Us

Fariz RM Jadi Inspirasi Ahmad Dhani: Zaman Itu, Kalo Nggak Jenius Banget Nggak Rekaman

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 27 Agustus 2021 | 17:15
Fariz RM jadi salah satu musisi yang menginspirasi Ahmad Dhani.
Kolase HAI

Fariz RM jadi salah satu musisi yang menginspirasi Ahmad Dhani.

HAI-Online.com – Dari banyaknya musisi di Indonesia di tahun 1980-an, Fariz RM jadi salah satu musisi yang memberi pengaruh buat pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani.

Yap, musik jazz memang diketahui cukup berpengaruh buat seorang Ahmad Dhani dalam karier bermusiknya. Termasuk dari Fariz RM, yang saat itu tengah menikmati masa keemasannya di industri musik Tanah Air.

“Saya sempat nonton Fariz RM waktu SMA dan beliau itu gagah sekali. Nggak cuma jenius, tapi juga ganteng, juga keren. Sehingga wajar beliau waktu itu jadi bintangnya Indonesia tahun 1980-an,” kenang Dhani, mengutip channel YouTube Video Legend miliknya.

Baca Juga: Ahmad Dhani Ungkap Lagu yang Pertama Kali Dibawain Dewa 19 , Bukan Genre Rock!

Dhani pun nggak memungkiri sosok Fariz RM udah ngasih dirinya inspirasi untuk bermusik. Sebagai seorang multi-instrumentalis, Fariz RM dianggapnya sangat jenius kala itu.

“Fariz Rustam Munaf ini musisi jenius. Sebenernya juga menginspirasi saya, tapi saja nggak bisa seperti beliau,” bebernya.

Jadi bisa aja, Dhani yang secara teknis pun sebenarnya bisa memainkan berbagai alat musik banyak belajar dari sosok musisi jazz fusion tersebut.

“Fariz RM bisa main bas, bisa main drum, bisa main gitar. Di lagunya dia yang pertama, 'Sakura', dia main bas sendiri, main drum sendiri, main gitar sendiri, nyanyi sendiri,” puji Dhani.

Baca Juga: Ahmad Dhani Ungkap Unsur Politik Sudah Ada Sejak Album Pertama Dewa 19, Dengan Slogan 'Reformis Arek Suroboyo'

Menurutnya, Fariz RM menjadi salah satu musisi yang merepresentasikan kejeniusan musik Indonesia di era '80-an. Ia secara blakblakan menyebut musik di masa itu udah sangat berbeda dengan sat ini.

“Jadi zaman dulu tahun '80 sama tahun sekarang ini beda banget. Kalo nggak jenius banget itu nggak rekaman,” tegasnya.

“Jadi musisi Indonesia waktu itu memang bener-bener jenius banget,” pungkasnya. (*)

Baca Juga: Udah Jarang Bikin Lirik Puitis setelah era 'Bintang Lima', Ahmad Dhani: Itu 'Mood' Aja

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest