Follow Us

Review Album Paseser: Rangkuman Megah nan Sederhana dari Lorjhu Khas Pulau Madura

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 23 Maret 2022 | 18:05
Lorjhu', 2022
Press Photo

Lorjhu', 2022

HAI-Online.com - Lorjhu' akhirnya resmi merilis debut albumnya berjudul 'Paseser'.

Dengan megah dan gagah berani, Lorjhu' menghadirkan kisah masa hidupnya di Pulau Madura sejujur mungkin.

Rilis via demajors pada 18 Maret 2022, Lorjhu' sekaligus memberikan bukti kalo megahnya musik daerah juga patut untuk mendapatkan atensi khusus di telinga publik.

Berisikan sembilan lagu, Lorjhu' menggunakan refleksi diri dari Badrus Zaman alias dirinya sendiri untuk menjadi poros inspirasi dalam 'Paseser'.

Baca Juga: Bandung Utara Keras! Hari Ini Mengenang 76 Tahun 'Bandung Lautan Api' hingga Momen Hangus

Dipimpin oleh 'Can Macanan' yang bertugas sebagai focused track dalam album ini, Lorjhu' seakan mengajak para pendengar untuk membayangkan keindahan Pulau Madura melalui gubahan nada eklektik yang berhasil diramunya.

Lahir dan besar di Sumenep, kota di ujung timur Pulau Madura, membuat Cak Badrus merasa bertanggung jawab untuk memberikan kesan positif dari kampung halamannya tersebut.

Terlebih, Cak Badrus kini harus bermukim di ibu kota untuk menjadi animator dan seorang pengajar. Oleh karena itu, rasa 'tanggung jawab' tersebut semakin membuncah kala dirinya harus mengadu nasib di Jakarta.

Baca Juga: Inovasi Mahasiswa UNY Bikin Pupuk Organik dari Limbah Lele untuk Tabulampot

Menambah kesan tersebut, Cak Badrus membubuhi seluruh lagu dalam album 'Paseser' dengan lirik bahasa Madura dialek Sumenep, untuk memberikan kesan keabsahan cerita rakyat yang dibangunnya pada album ini.

Upaya ini berhasil. Bahkan, melalui 'Paseser', Cak Badrus alias Lorjhu' seakan membawa karakter yang lebih kuat dari orang Madura mana pun yang pernah ditemui oleh HAI.

Lorjhu' - Paseser Cover Art
Press Photo

Lorjhu' - Paseser Cover Art

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest