Follow Us

5 Musisi Keren dengan Elemen Musik Etnik, Suarakan Kemegahan Indonesia

Mohammad Farras Fauzi - Kamis, 16 September 2021 | 15:05
Rayhan Sudrajat
Refa Adiredja

Rayhan Sudrajat

HAI-Online.com - Untuk artikel kali ini, HAI pengen menguji sebentar wawasan nusantara kalian semua. Tanpa membaca dan googling terlebih dahulu, pernah nggak ngebayangin jumlah suku bangsa dan bahasa di Indonesia?

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPS dan Kemdikbud Ristek, Indonesia memiliki 633 kelompok etnik dengan 1331 sub-kategorinya.

Baca Juga: Sedih, di Hari Bahasa Ibu Internasional 2018, 11 Bahasa Daerah di Indonesia Dinyatakan Punah

Dari seluruh kelompok etnik yang tersebar di atas, Indonesia jadi memiliki sekitar 718 bahasa daerah yang berbeda.

Nah lo, bukan banyak lagi ini mah. Anyway, semoga kabar baik juga selalu hadir beriringan dengan pembelajaran Bahasa dan Kebudayaan Lokal di daerah kalian masing-masing.

Dari sekian banyaknya Bahasa yang tersedia di negeri kita tercinta ini, apakah semuanya dituturkan? Ternyata oh ternyata, Cuma 14 bahasa daerah doang fren yang memiliki penutur di atas 1.000.000 jiwa.

Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda menjadi penyumbang terbesar untuk komponen ini dengan masing-masing memiliki penutur sebanyak 84 juta dan 42 juta, Bahasa Melayu menempati urutan ketiga dengan penutur 13 juta.

Di bawah itu, belum ada Bahasa daerah lain yang memiliki penutur di atas 7 juta orang.

Baca Juga: Hari Musik Nasional: Ada Lagu Buat Pemimpin Sombong, Ketahui Asal-usul 5 Lagu Daerah di Indonesia!

Nah demi turut membantu melestarikan pemahaman terhadap bahasa dan budaya daerah di Indonesia yang udah mulai terkikis, 5 band ini berhasil menggunakan tanggung jawab tersebut dengan ciamik.

Meski masih lekat dengan term world music yang kita kenal, namun dengan maksimal 5 band/grup musik berikut bener-bener ngangkat kekayaan musik etnik di Indonesia pada musiknya. Simak aja deh fren daftarnya di bawah!

Lorjhu’

Halaman Selanjutnya

Facebook/Lorjhu' Lorjhu'
1 2 3 4

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest