Follow Us

Inovasi Mahasiswa UNY Bikin Pupuk Organik dari Limbah Lele untuk Tabulampot

Tim Redaksi - Selasa, 22 Maret 2022 | 18:00
Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.
UNSPLASH/CESAR FERNANDES

Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.

HAI-ONLINE.com - Tabulampot atau tanaman buah dalam pot banyak dijumpai karena budidaya ini memiliki keuntungan yang besar.

Nggak cuma itu aja, budidaya ini memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, dapat berbuah di luar musim, gampang dipindah, dan bisa dikembangkan di beragam lahan.

Adapun manfaat lain dari tambulampot ini yakni adanya buah yang dihasilkan dalam proses budi dayanya.

Baca Juga: Rutin Minum Jus Tomat Bisa Turunkan Berat Badan, Cek Manfaat Hebat Lainnya

Sebuah tanaman pasti memerlukan pemupukan, sama hal nya dengan si tabuklampot ini. Namun, masyarakat lebih banyak mengenal pupuk kimia dibanding pupuk organik.

Padahal, pupuk organik merupakan pupuk dengan bahan dasar yang diambil dari alam dengan jumlah dan jenis unsur hara yang terkandung secara alami.

Air limbah lele dan kotoran ayam

Maka dari itu, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat pupuk yang terbuat dari bahan alami limbah air budidaya ikan lele sistem bioflok dan kotoran ayam, sehingga ramah lingkungan dan tidak menimbulkan efek negatif jangka panjang bagi tanaman.

Para Mahasiswa itu yakni Irfan Aldi Fitrian dan Annisa Kusumawati, Ahmad Sauki Al Zamani dan Shibghotulloh Umar Rosyadi. Mereka melakukan inovasi membuat pupuk organik berbentuk cair dan berfungsi untuk memacu pertumbuhan tanaman khususnya tabulampot.

Baca Juga: Inovasi Mahasiswa UNY: Olah Biji Karet Menjadi Makanan Tempe

Menurut Irfan Aldi, pupuk organik merupakan salah satu bahan yang sangat penting dalam upaya memperbaiki kesuburan tanah secara aman.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular