Follow Us

Ceritain Sulitnya Ngulik Lagu Semasa Kecil, Ian Antono God Bless: Waktu Itu Musik Barat Nggak Boleh Didenger...

Ferry Budi Saputra - Rabu, 08 September 2021 | 10:05
Ian Antono 'God Bless'
YouTube/ Ikang Fawzi Official

Ian Antono 'God Bless'

HAI-Online.com - Gitaris God Bless, Ian Antono menceritakan masa sulit semasa kecil pas ingin belajar main gitar.

Baca Juga: Ceritain Masa Kecilnya yang Dilarang Main Musik, Ian Antono God Bless: Megang Gitar Aja Nggak Boleh, Jadi Gue Curi-curi Belajarnya

Ian Antono mengatakan ia pertama kali belajar main gitar ketika masih SMP, saat masih zaman orde lama. Bahkan, menurutnya pada zaman itu musik Barat itu dilarang didengarkan.

"Waktu itu musik Barat itu nggak boleh didengar. Jadi kalo kita dengar lagu, misalnya senang sama satu lagu itu ya nungguin aja radio dari Australia itu," ucap Ian Antono dalam channel YouTube Chef Haryo Pramoe.

Gitaris tersebut menyampaikan saat ia masih kecil memiliki radio besar di rumahnya jadi ia sering mendengarkan lagu lewat radio tersebut. Ia juga membantah ketika pada masa itu yang punya radio hanya orang kaya.

Ian menuturkan saat itu yang ia cari dan dengarkan hanya gelombang itu saja untuk mendengarkan lagu Barat.

"Bayangin kalo gue pelajarin satu lagu, itu nulis liriknya aja pasti salah-salah, karena setiap minggu ditunggu, satu minggu lagi ditunggu (lagunya)," tuturnya.

Berdasarkan penjelasannya, saat itu untuk cover atau mempelajari sebuah lagu harus mendengarkan radio. Ia juga mengatakan belum ada piringan hitam saat itu, masih adanya piringan hitam jadul, makanya salah satu cara ya menggunakan radio untuk mendengarkan musik.

Baca Juga: Cerita Lika-liku Kehidupan Pay Burman Semasa Kecil Sampe Akhirnya Tiba di Potlot Gabung dengan Slank

Ian Antono mengatakan awal mula dia belajar chord gitar itu dari band keluarganya, bukan dari buku chord gitar karena nggak ada pada saat itu. Gitaris itu menjelaskan awalnya mempelajari chord gitar itu berdasarkan melihat dan mendengar band keluarganya main.

"Jadi kebetulan band gue itu band keluarga. Jadi di rumah gue itu tempat ngumpul anak band, ya kakak-kakak gue itu main band semua. Jadi kalo mau belajar ya cuma liatin dia aja, kalo dia lagi latihan ya cuma liatin, tanya nggak boleh. Begitu bandnya kelar, ya gue curi-curi ambil gitar, niru-niru," ujar Ian Antono.

Setelah mencoba-coba chord gitar tersebut, pada akhirnya dia menanyakan kepada kakaknya. Menurutnya, band jazz kakaknya sudah mengetahui chord gitar pada waktu itu karena mereka adalah perkumpulan pemain jazz.

Jauh sebelum menjadi gitaris God Bless, awal mulanya Ian Antono adalah drummer di band Bentoel. Dia mengatakan yang mengajari bermain drum pada saat itu adalah band kakaknya.

Baca Juga: Ian Antono 'God Bless' Pernah Sebel Sama Slank Pas Awal Karier, Kaka: Dibilang Ngerusak Musik Rock Indonesia

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest