Follow Us

Kenang Proses di Balik Pembuatan Lagu 'Rein' Dewa 19, Dandy Lasahido: Musiknya Mendahului Zaman

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 06 September 2021 | 20:11
Dandy Lasahido ikut menggarap sequencer untuk lagu 'Rein' Dewa 19.
Dandy Lasahido/Ari Lasso/Instagram

Dandy Lasahido ikut menggarap sequencer untuk lagu 'Rein' Dewa 19.

HAI-Online.com – Wawan Juniarso membeberkan proses di balik salah satu lagu dari album self-titled Dewa 19, ‘Rein’ yang dirilis hampir 30 tahun silam.

Wawan yang sebelumnya hengkang dari Dewa 19 pada 1988 karena perbedaan visi akhirnya mutusin buat gabung lagi dengan Ahmad Dhani cs untuk pembuatan album perdana mereka.

Di luar dugaan, album debut Dewa 19 ini meledak di pasaran. Bahkan label Dewa 19 saat itu, Team Records sampai harus meminta Aquarius Musikindo buat mengambil alih produksi album yang mengusung pop, rock hingga jazz tersebut.

Baca Juga: New Found Glory Resmi Rilis Deluxe Album 'Forever And Ever x Infinity... And Beyond!!!'

Menggunakan unsur elektronik, album tersebut pun dinilai cukup progresif pada masanya. Salah satunya terwujud lewat lagu 'Rein'.

Dalam channel YouTube-nya, Wawan mengenang kembali proses pembuatan 'Rein'—di mana justru bukan dirinyalah yang mengisi bagian drumnya.

Alih-alih, Ahmad Dhani meminta bantuan kepada kawan sesama musisi, Dandy Lasahido dan Wijang Tyo untuk menggarap drum looping dan synth-nya.

"Banyak yang nggak percaya kalo lagu Rein itu drumnya programmer," ujar Dandy, yang juga pernah menggarap lagu-lagu milik Rossa, Krisdayanti, Lucy Rahmawati, Shanty dll.

Baca Juga: Belum Pernah Ngisi Full Album di Dewa 19, Agung Gimbal: Gue Merasa Belum Total di Dewa

Ia pun mengaku cukup kaget saat Ahmad Dhani meminta dirinya untuk menggarap sequencer untuk 'Rein'.

"Dan kita memang kaget. Kok ada band bikin lagu tapi kok lagunya pake sequencer, nggak pake pemain asli. ‘Lha pemain aslinya ngapain?’,” kenang keyboardist dan arranger tersebut.

Dandy menambahkan, “Wah ini baru ini. Musiknya mendahului zaman. Sampai sekarang kenapa lagu-lagu Dewa masih enak, karena semua visioner."

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest