Follow Us

Simak 3 Hal yang Harus Disiapin Fresh Graduate sebelum Ngelamar Kerja

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 03 September 2021 | 16:00
Ilustrasi mengerjakan tugas. Ada beberapa tips ngilangin kebiasaan nundad-nunda pekerjaan atau procrastinating.
Pxfuel

Ilustrasi mengerjakan tugas. Ada beberapa tips ngilangin kebiasaan nundad-nunda pekerjaan atau procrastinating.

HAI-Online.com – Buat lo para fresh graduate atau yang masih calon, mungkin lo lagi ngerasain sulitnya perjuangan mencari kerja. Apalagi dengan situasi pandemi Covid-19 ini.

Namun nggak perlu bingung, sebagai seorang pencari kerja "pemula", lo mesti nyiapin diri agar mampu bersaing dalam mencari pekerjaan.

Nah, soal hal ini, Client Success Senior Associate of Kalibr Indonesia, Deviana Kurniawati mengungkap 3 hal yang penting untuk diperhatikan bagi para pencari kerja.

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Bikin Lulusan Sarjana Satu Sulit Dapat Kerja

Tiga hal yang menurut Devi perlu dipersiapkan fresh graduate sebelum mencari kerja adalah: what I know, what I do, and what I do to win.

1. What I know

What I know adalah mengetahui tujuan atau motivasi dalam mencari pekerjaan.

Tujuan tersebut bisa meliputi pengalaman, pendapatan atau money, mendapatkan validasi dari orang lain, atau hanya sekedar karena pressure dari orang sekitar.

“Kalau mau kerja tekankan dulu purpose of matters-nya apa, lakukan identifikasi sebelum berkarir! Semua motivasi itu valid, tidak ada yang benar atau salah karena situasi yang dihadapi setiap orang tentu tidak sama,” jelas Devi dalam webinar DPKKA Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan Airlangga Career Club bertemakan "Job Seeking 101’" seperti dirangkum dari laman Unair News, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Inilah 6 Posisi yang Paling Banyak Dibutuhkan di Dunia E-commerce

2. What I do

Nah yang kedua adalah what I do atau mulai melakukan proses pencarian kerja yang membutuhkan dua hal.

Hal pertama melakukan research terhadap role atau posisi dan perusahaan tujuan. Dalam hal ini, Devi menekankan para jobseeker bukan hanya sekadar apply.

Jobseeker juga harus memperhatikan posisi lamaran sesuai dengan background studi, pengalaman, dan motivasinya di awal atau nggak.

“Kalau sudah melakukan research, selanjutnya adalah job hunt. Kalian bisa mencari info lowongan melalui website perusahaan, Universitas’ Career Center, Job Portal, sosial media, atau cara lainnya,” beber Devi.

Baca Juga: Lo Punya Passion Kuliner? Intip 5 Sekolah Chef Terbaik di Dunia

3. What I do to win

Yang terakhir adalah what I do to win, yang menurut Devi merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan saat lolos ke tahap interview.

Dia menyebutkan ada tiga momen yang sangat krusial dalam sesi interview, yakni:

  • first impression,
  • cara menunjukkan kelemahan diri, dan
  • tahap terakhir saat employer menanyakan pada kita "apakah ada pertanyaan?"
“Ketiga moment itu adalah yang terpenting. Kalian harus benar-benar mempersiapkan diri, penampilan, dan gain insight on a candidate’s skill, experience, personality,” pungkasnya.

Jadi itulah tiga hal penting yang sebaiknya lo persiapkan sebelum melangkah mencari pekerjaan yang lo inginkan, guys. (*)

Baca Juga: Wajib Lo Ketahui Nih 5 Manfaat Punya Pengalaman Organisasi di Kampus

Source : UNAIR NEWS

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest