Follow Us

Wajib Lo Ketahui Nih 5 Manfaat Punya Pengalaman Organisasi di Kampus

Ferry Budi Saputra - Jumat, 04 Agustus 2023 | 14:48
Ilustrasi mahasiswa

Ilustrasi mahasiswa

HAI-Online.com - Ada yang udah ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau keorganisasian di kampus? Nah kalo udah bagus deh. Bagi yang belum kayaknya perlu simak artikel kali ini.

Baca Juga: Inilah 6 Posisi yang Paling Banyak Dibutuhkan di Dunia E-commerce

Tau nggak sih sebenarnya mengikuti UKM atau keorganisasian di kampus banyak manfaatnya kok. Aktif berorganisasi akan mengasah skill dan pengalaman lo juga, yang bisa menjadi bekal saat melamar kerja.

Memang Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menjadi tolak ukur untuk melamat pekerjaan nantinya, namun ada beberapa perusahaan juga melihat keikutsertaan organisasi kampus menjadi faktor utama untuk diterima ketika melamar, terutama untuk para fresh graduate.

Melansir Kompas.com, informasi dari Rencanamu.id, ada 5 manfaat punya pengalaman organisasi di kampus.

1. Memperkaya CV

Nah, ini jadi salah satu manfaatnya kalo lo aktif berorganisasi di kampus. Ini menjadi bukti lo ikut berkontribusi melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama berorganisasi. Perusahaan bakal melihat lo itu orang yang mau melakukan sesuatu tanpa mengharapkan balasan uang.

Aktif berorganisasi juga akan mengasah kemampuan lo dalam mengatur waktu, antara mengerjakan tugas kuliah dan tugas organisasi. Kemampuan mengatur waktu ini yang menjadi nilai plus di mata para perusahaan, apalagi kalo IPK yang didapat juga bagus.

Dengan berorganisasi, lo juga dianggap terbiasa bekerja sama dengan orang lain (team work) untuk mencapai tujuan bersama. Ya bisa dibilang, apa yang lo kerjakan di organisasi akan sama dengan dunia kerja. Sehingga organisasi ini bisa lo cantumin di CV karena mirip dengan pengalaman kerja.

2. Mendapat Soft Skill Gratis

Ketika lo aktif berorganisasi, lo bakal dapat yang namanya soft skill yang akan berguna ke depannya. Nah, soft skills yang akan didapat antara lain kemampuan mengatur waktu, komunikasi, bekerja sama dengan orang lain, kemampuan adaptasi, kemampuan mengontrol diri dan sebagainya.

Baca Juga: Dari Raditya Dika hingga Nicholas Saputra, Inilah 16 Artis Lulusan UI

3. Kemampuan Bersosialisasi Teruji

Saat berada di organisasi, lo lebih dulu dilatih untuk menghadapi banyak orang dengan beragam karakter. Umumnya, pergantian orang atau kepemimpinan di suatu organisasi berjalan dengan cepat. Nah, di sini lo bakal bertemu banyak orang baru baik itu kakak maupun adik angkatan.

Tanpa sadar lo bakal belajar berinteraksi dengan orang baru yang memiliki latar belakang yang berbeda, usia berbeda, bahkan belajar bagaimana bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki sifat berbeda untuk mencapai tujuan bersama.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular