Follow Us

10 Kesalahan yang Bikin Lulusan Sarjana Satu Sulit Dapat Kerja

Ferry Budi Saputra - Jumat, 20 Agustus 2021 | 12:00
Ilustrasi mahasiswa

Ilustrasi mahasiswa

HAI-Online.com – Zaman sekarang udah apply lowongan di banyak tempat tapi nggak tembus-tembus.

Tentu hal ini jadi pertanyaan bagi para lulusan sarjana, apa ya yang salah. Apakah memang banyak pesaingnya atau mungkin ada kesalahan dalam surat lamaran.

Baca Juga: Ngelihat Kekerasan Seksual dan Bullying di Kampus? Lapor Aja ke Layanan Terpadu di Universitas Brawijaya!

Apalagi kini banyak perusahaan yang mengandalkan portal pencarian kerja hingga teknologi email untuk menggaet pelamar kerja baik dari fresh graduate ataupun mahasiswa semester akhir.

Ternyata ada sejumlah kesalahan yang membuat kandidat sarjana ditolak perusahaan. Melansir Kompas.com, informasi dari Rencanamu.id, Rabu (18/8/2021), berikut ini sejumlah hal yang bisa mengakibatkan lo ditolak perusahaan.

1. Salah mengirimkan lamaran kerja

Zaman sekarang banyak kok perusahaan yang minta pelamarnya kirim CV melalui email. Ada hal yang harus lo perhatikan nih, cek lagi lamaran yang mau dikirim, siapa tau lo lupa mengganti nama perusahaan yang dituju. Misalnya, melamar untuk perusahaan A tapi dalam lamaran tertulis perusahaan B.

2. Subjek email nggak jelas

Melamar lewat email juga harus menyantumkan subjek yang jelas, misalnya dengan menuliskan posisi yang dilamar.

Biasanya, perusahaan memberikan subjek khusus bila memang lamaran dikirim melalui email seperti JOB(spasi)posisi yang dituju.

3. Nggak mengisi "body email"

Nggak menulis di body email juga bisa membuat lo gagal, lo bisa tulis di body email berupa perkenalan singkat di samping mencantumkan CV sebagai lampiran.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest