Follow Us

Bimbim Slank Ngaku Berkesan dengan Kolaborasi Bareng Band Korea Selatan

Ferry Budi Saputra - Minggu, 08 Agustus 2021 | 17:40
Kaka (kiri) dan Bimbim Slank (kanan)
YouTube/ Slank Music

Kaka (kiri) dan Bimbim Slank (kanan)

HAI-Online.com - Bimbim dan Kaka mengungkapkan kolaborasi Slank dengan band rock asal Korea Selatan, Yoon Band, merupakan kolaborasi paling berkesan menurut mereka.

Baca Juga: Cerita di Balik Jeep Bersejarah Slank, Bimbim: Udah Pernah Dibenerin 2 Orang, yang Satu Meninggal

Saat itu pada tahun 2003 diketahui para musisi Asia dari beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, Filipina, Indonesia hingga Taiwan berkumpul untuk membuat gerakan bernama 'Shout Asia'.

Bimbim mengatakan selain dibuat lagu berjudul 'Shout Asia', saat itu juga dibuat film dokumenter dari beberapa musisi di Asia menceritakan soal Asia kepada dunia. Dia mengatakan produser untuk acara itu adalah orang Jepang, baik dalam mengurus musik dan film.

Kaka mengatakan kolaborasi dengan Yoon band saat itu sangat berkesan, "Karena Yoon Band sempat ke sini, bikin lagu di sini, direkamnya di sini, terus kita di bawa manggung sama dia ke Seoul. Gantian gitu, itu asik sih," ungkapnya dalam channel YouTube Slank Music.

Berkat acara tersebut, Bimbim mengungkapkan akhirnya banyak teman-temannya yang berwisata ke Korea Selatan, "Tau cara-cara budaya makan, wisata di Korea," ucapnya.

Baca Juga: Cerita Slank Tampil di MTV Aid 2005, Pihak Acara Sempat Dibikin Bingung Gara-gara Salah Lagu

Menurut Bimbim, saat itu Slank sudah ngobrol dengan Yoon Band tentang musik Korea.

"Saat itu kita sudah ngobrol soal gimana sih Korea bisa mendunia. Wah ini sih harus konglomerat ikut, negara membantu dengan konsep yang berbeda. Eh dia duluan dengan K-pop-nya," ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Bimbim juga mengungkapkan saat itu ada perbedaan yang begitu signifikan antara Slank dengan musisi asal Korea, Rain, yang sama-sama berhasil tembus pasar Amerika dan coba manggung di sana.

"Itu Korea baru Rain, dia masuk Amerika juga. Slank sampai 'Please dubes boleh minjem mobil nggak', itu pun agak susah gitu. Sementara Rain datang dengan konglomerat, dengan Hyundai-nya, dengan Samsung-nya, terus pemerintah Korea Selatannya juga mendukung, pake Korean Air dateng, jadi yaudah lah," ucapnya.

Sementara itu, menurut Bimbim berkolaborasi dengan Yoon Band membuat Slank mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman. (*)

Baca Juga: Dibalik Lagu Maafkan Milik Slank yang Ternyata Alami Perubahan Judul, Bimbim: Wah Ini Liriknya Terlalu Vulgar

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest