Follow Us

Dibalik Proses Pembuatan Lagu JKT Pagi Ini, Bimbim Slank: Lagi Sober Itu Gue Bikin

Ferry Budi Saputra - Jumat, 09 Juli 2021 | 12:35
Bimbim Slank
Youtube Slank Music

Bimbim Slank

HAI-Online.com - Bimbim dan Kaka mengungkapkan proses bikin lagu JKT Pagi Ini. Lagu ini terdapat dalam album Virus (2001).

Baca Juga: Dibalik Lagu Maafkan Milik Slank yang Ternyata Alami Perubahan Judul, Bimbim: Wah Ini Liriknya Terlalu Vulgar

Berbicara dalam channel Youtube Slank Music pada tahun lalu, Bimbim mengaku kalau dia bikin lagu tersebut saat dia lagi dalam proses sembuh dari narkoba.

"Lagi sober itu gue bikin. Itu baru berhenti dari heroin. Gue inget banget nulisnya lagi dipindahin sama Bunda ke apartemen Kuningan di lantai 25 sana. Dan berapa hari sebelumnya ada bom di Kedutaan Filipina, itu bom pertama era kita yang kita dengar ada bom teroris," tuturnya.

Dia mengatakan kalau saat itu juga bertepatan dengan kekisruhan politik, "Era itu juga lagi gonjang-ganjing politik. Presidennya Gus Dur, mau diruntuhin. Banyak demo deh, tertulislah Jakarta Pagi Ini (JKT Pagi Ini)," ucap Bimbim.

Kaka mengungkapkan kalau Slank mendapat makian dari lagu tersebut, tetapi bagi Slank sendiri lagu tersebut adalah sumber inspirasi mereka.

Baca Juga: Bimbim dan Kaka Slank Ceritain Kenapa Potlot Bisa Jadi Tempat Tongkrongan, Ternyata Ini Alasannya

"Karena emang seniman harus in pain, baru dia berasa happy karena bisa bikin lagu karena bisa berkarya. Jadi kalo lo ditanya, lo kapan happinessnya? Pas lagi sakit hati, karena bisa jadi banyak lagu," tambahnya.

Kaka menjelaskan kalau lagu yang terdapat di album Virus (2001) dikumpulin lagu-lagunya sejak tahun 2000. Dia mengatakan saat membuat lagu tersebut para personel Slank lagi dalam era baru aja sembuh dari narkoba, "Jadi nyokap sih masih belum 100 persen percaya gitu," ucapnya.

"Tapi di album itu, nggak terasa kalau kita lagi struggling kepercayaan. Justru menurut gue pribadi, album Virus tuh lagu-lagunya penuh percaya diri," ujarnya.

Senada dengan Kaka, menurut Bimbim seniman harus tertekan dahulu baru keluar karya-karyanya. Selain JKT Pagi Ini, total ada 13 lagu lainnya dalam album Virus, di antaranya Virus, Utopia, Kereta Terakhir dan Alas Roban. (*)

Baca Juga: Cerita Dibalik Lagu Bang Bang Tut Milik Slank, dari Lagu Permainan hingga Jadi Anthem Demo

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest