Follow Us

Cerita Lagu Kirana Dewa 19 Salah Kunci, Ahmad Dhani: Nggak Enak, Take Ulang Lagi Semua

Ferry Budi Saputra - Senin, 26 Juli 2021 | 20:05
Dewa 19 formasi Pandawa Lima
HAI

Dewa 19 formasi Pandawa Lima

HAI-Online.com - Ahmad Dhani mengungkapkan cerita di balik lagu Kirana yang ada di album Pandawa Lima (1997) yang ternyata awalnya dibuat lebih rendah dari yang dikenal sekarang.

Baca Juga: Awal Gabung Dewa 19, Once Ungkap Ahmad Dhani Bikin Dia Kesulitan Bernyanyi

Ahmad Dhani mengungkapkan kalau lagu Kirana yang dulu itu awalnya direkam di E minor bukan di A minor seperti versi jadinya.

Dengan demikian, lagu Kirana awalnya dibuat lebih rendah itu pada akhirnya diubah atas masukan dari produser.

"Iya lebih rendah. Tapi, nggak enak. Makanya waktu itu untung kita punya produser yang bagus ya. Mereka bilang ini nggak enak nih di E minor, pindahin A minor lagi deh katanya gitu. Akhirnya kita rekaman lagi deh," ujar Ahmad Dhani.

Dia juga mengatakan kalau lagu Kirana yang versi E minor ternyata sudah melalui proses rekaman, "Udah. Aquarius itu punya tuh versi E minornya dan nggak enak. Ari Lasso itu suara lidahnya kan emang nggak enak itu dan juga nggak dapet karena nggak ada teriakannya kan. Emang tetep harus A minor," ungkapnya.

Mengenai lagu Kirana yang lebih rendah dari versi jadinya, Ahmad Dhani mengatakan kalau mereka saat itu mencoba untuk bereksperimen.

Baca Juga: Ahmad Dhani Sebut Kualitas Rekaman Lagu Kangen Milik Dewa 19 Jelek, Dianggapnya Norak Banget

"Ternyata produser kita Pak Ook yang malah punya record company ternyata argumentasinya dia benar, bahwa memang itu terlalu rendah dan harus take ulang," katanya.

Dia melanjutkan, "Take ulang lagi semua, full track semua kita take lagi, rekaman lagi kecuali drum. Semua take dari awal dan jadilah Kirana seperti yang kita dengar sekarang," tambahnya.

Ahmad Dhani juga mengatakan terkadang ada momen di mana seorang musisi tidak boleh keras kepala. Seperti yang Dewa 19 terapkan saat rekaman lagu Kirana yang mencoba mendengarkan masukan dari produsernya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest