Follow Us

Siapa Bilang Mandi Malam Hari Dilarang? Kalo Punya Kondisi Ini, Sangat Disarankan!

Alvin Bahar - Selasa, 03 November 2020 | 11:00
Ilustrasi pancuran di kamar mandi
IST

Ilustrasi pancuran di kamar mandi

HAI-ONLINE.COM - Mandi di malam hari merupakan salah satu cara terbaik untuk menyegarkan diri kita kembali setelah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan.

nggak hanya menyegarkan pikiran serta tubuh, mandi di malam hari juga punya manfaat tersendiri bagi seseorang yang kerap mengalami insomnia.

Seorang psikolog klinis dan sekaligus pakar tidur dari Amerika, Dr. Janet K. Kennedy menyarankan untuk mandi 90 menit sebelum tidur bagi orang yang mengalami insomnia.

"Tubuh secara alami akan jadi dingin ketika mendekati waktu tidur, selaras dengan ritme sirkadian," ujarnya.

"Mandi secara artifisial meningkatkan suhu lagi dan memungkinkan pendinginan yang lebih cepat, yang kelihatannya mempercepat tidur," sambungnya, seperti yang dilansir dari New York Times.

Ritme sirkadian merupakan perubahan fisik, mental, dan perilaku yang mengikuti siklus harian. Seperti tidur di malam hari dan terjaga di siang hari.

Baca Juga: Bandung Bondowoso Modern: Pria Ini Janji Bangun 1000 Tower Internet dan Jaringan WiFi Gratis Jika Terpilih Sebagai Gubernur

Nah, jika kita sudah bisa seperti itu, malam tidur nyenyak, siang terjaga, itu artinya tubuh kita sehat optimal.

Mandi juga merupakan cara yang baik untuk melepas lelah dan melepaskan ketegangan otot sehingga membantu tidur lebih lelap, katanya.

Namun jangan pernah menggunakan air panas ketika mandi di malam hari.

Hal ini penting dicatat. Sebab kebanyakan dari kita jika mandi malam akan menggunakan air hangat supaya nggak masuk angin.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest