Follow Us

Jika Kamu Merasakan 7 Gejala Ini, Artinya Kamu Terlalu Banyak Minum Kopi

Dio Firdaus - Rabu, 20 November 2019 | 08:57
Hindari minum kopi di saat diare akan mempercepat proses penyembuhan.
iStockphoto

Hindari minum kopi di saat diare akan mempercepat proses penyembuhan.

HAI-ONLINE.COM - Satu hari tanpa kopi itu rasanya kayak minum kopi tanpa gula. Pait banget sob. Tapi alangkah baiknya kalau minum kopi jangan banyak-banyak.

Pasalnya, banyak orang yang menghabiskan bercangkir-cangkir kopi dalam satu hari dengan alasan biar lebih segar. Padahal minum kopi terlalu banyak itu berbahaya loh sob.

Menghimpun dari Intisari yang melansir Reader's Digest, kalau lo udah merasakan tujuh tanda ini, artinya lo terlalu banyak minum kopi dan ngurangin jatah ngopi sob:

Baca Juga: Dukung Kaum Urban Kreatif, Bodypack Gelar Event 'Street Scape'

1. Merasa cemas

Memikirkan acara yang akan datang atau tenggat waktu dapat memicu keinginan lo untuk mengambil mug Jawa yang menenangkan.

Namun, Institut Kesehatan Mental Nasional merekomendasikan agar orang yang menderita kecemasan menghindari kafein. Mengapa?

Terlalu banyak kopi sebenarnya dapat memperburuk efek kecemasan, baik dengan merampas lo dari tidur yang tepat atau memicu penerbangan Anda atau melawan respon.

Dalam sebuah penelitian tahun 1990 yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine, 25 pria diberi kafein atau plasebo dalam dosis sedang sebelum tugas yang membuat stres.

Para pria, yang semuanya peminum kopi biasa, memiliki tekanan darah tinggi, hormon stres, dan sekitar dua kali lipat tingkat stres yang dilaporkan dengan kafein dibandingkan dengan plasebo.

2. Sakit perut

Source : intisari

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest